Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Tag Terpopuler

Presiden Joko Widodo Memulai Lawatan ke Jepang: Fokus pada Diplomasi dan Isu Lingkungan

Sabtu, 16 Desember 2023 | Desember 16, 2023 WIB | 0 Views Last Updated 2023-12-16T02:27:10Z
Presiden Joko Widodo Memulai Lawatan ke Jepang: Fokus pada Diplomasi dan Isu Lingkungan
Presiden Joko Widodo Memulai Lawatan ke Jepang: Fokus pada Diplomasi dan Isu Lingkungan

Presiden Joko Widodo memulai perjalanan resmi ke Jepang pagi ini untuk lawatan selama tiga hari yang diisi dengan sejumlah agenda penting. Dalam kunjungannya ke Tokyo, Presiden Joko Widodo berencana untuk menghadiri tiga acara utama yang menunjukkan fokusnya pada diplomasi dan isu lingkungan.


Acara pertama adalah pertemuan dengan Perdana Menteri Kishida, di mana keduanya diharapkan membahas berbagai isu bilateral yang berkaitan dengan kerja sama ekonomi dan politik antara Indonesia dan Jepang. Kedua pemimpin ini diharapkan dapat merancang langkah-langkah konkrit untuk memperkuat hubungan kedua negara.


Selanjutnya, Presiden Joko Widodo akan bersama-sama dengan Perdana Menteri Kishida memimpin KTT ASEAN dan Jepang. KTT ini menjadi platform penting untuk membahas isu-isu regional dan meningkatkan kerja sama antara negara-negara ASEAN dan Jepang. Pembicaraan diharapkan mencakup berbagai aspek, termasuk ekonomi, keamanan, dan isu-isu global.


Puncak lawatan Presiden Joko Widodo adalah kehadirannya di KTT AZEC (Asia Zero Emission Community), sebuah forum yang menyoroti komitmen Asia dalam mengatasi isu perubahan iklim. Presiden diharapkan memberikan kontribusi dan dukungannya terhadap inisiatif dan kebijakan lingkungan yang dapat mengarah pada masyarakat bebas emisi di kawasan Asia.


Sebelum keberangkatan, Presiden Joko Widodo menyampaikan permohonan doa dari seluruh rakyat Indonesia untuk kelancaran dan kemudahan dalam perjalanan ini. Dia menekankan pentingnya dukungan dari masyarakat dalam upaya menjalankan tugas kenegaraan di tingkat internasional.


Kunjungan ini tidak hanya menjadi wujud komitmen Indonesia dalam menjalin kerja sama dengan mitra internasional, tetapi juga menunjukkan perhatian Presiden Joko Widodo terhadap isu-isu global, terutama terkait dengan perubahan iklim. Sebagai bagian dari upaya diplomasi aktif, Presiden berharap kunjungannya dapat membawa manfaat positif bagi Indonesia dan kawasan Asia secara keseluruhan.

×
Berita Terbaru Update