Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Tag Terpopuler

Gempa Bumi M4,5 Guncang Kabupaten Tegal: BPBD Himbau Warga Tetap Waspada

Sabtu, 16 Desember 2023 | Desember 16, 2023 WIB | 0 Views Last Updated 2023-12-16T02:39:35Z

Gempa Bumi M4,5 Guncang Kabupaten Tegal: BPBD Himbau Warga Tetap Waspada



Kabupaten Tegal, Provinsi Jawa Tengah, diguncang oleh gempa bumi berkekuatan M4,5 pada Jumat (15/12) malam pukul 21.24 WIB, demikian yang diumumkan oleh Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB). Gempa darat ini memiliki pusat gempa di 7.15 LS dan 108.86 BT, berlokasi 34 km Barat Daya dari Kabupaten Tegal, dengan kedalaman 10 km.


Menurut laporan dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Tegal, gempa tersebut dirasakan dengan kuat selama kurang lebih 5 detik, menyebabkan kepanikan di kalangan masyarakat yang kemudian keluar dari rumah mereka. Guncangan yang cukup signifikan juga terasa di Kabupaten Brebes, dengan durasi gempa berkisar antara 3 hingga 5 detik.


Pasca gempa, BPBD Kabupaten Brebes melaporkan adanya kerusakan pada 2 rumah warga. Dari dokumentasi yang diterima, terlihat retakan pada dinding dan atap rumah yang roboh akibat guncangan tersebut. Meskipun demikian, hingga saat ini, tidak ada laporan mengenai korban jiwa terkait peristiwa ini.


BPBD Kabupaten Tegal dan BPBD Kabupaten Brebes terus aktif melakukan monitoring dan pendataan kondisi serta dampak gempa di lapangan. Mereka juga memberikan imbauan kepada warga untuk tetap waspada dan siaga mengingat potensi adanya gempa susulan. Masyarakat diminta untuk menghindari bangunan yang sudah mulai mengalami keretakan, memastikan struktur bangunan rumah tetap kokoh sebelum kembali ke dalam rumah, dan selalu memantau informasi terkini dari instansi berwenang seperti BNPB, BMKG, serta pemerintah daerah setempat untuk menghindari penyebaran misinformasi.

×
Berita Terbaru Update