Hati-hati, Modus Penipu Catut Nama Pj Bupati Tubaba

Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Tag Terpopuler

Hati-hati, Modus Penipu Catut Nama Pj Bupati Tubaba

Sabtu, 11 November 2023 | November 11, 2023 WIB | 0 Views Last Updated 2023-11-14T00:34:40Z
Hati-hati, Modus Penipu Catut Nama Pejabat Tubaba
Tangkapan layar percobaan penipuan mengatasnamakan Pj Bupati Tubaba M Firsada/Istimewa (Moderator.id)
Tulang Bawang Barat, Lampung (Moderator.id) --Aksi penipuan melalui aplikasi WhatsApp mencatut nama dan foto Penjabat (Pj) Bupati Tulang Bawang Barat, M Firsada. Modus penipuan dengan cara menghubungi beberapa tokoh agama dengan maksud hendak menyalurkan bantuan.

Dari sebuah tangkapan layar percakapan melalui pesan WhatsApp, nomor +62 857-3302-8626 menghubungi salah satu pengurus tempat ibadah atau pure yang ada di wilayah Kecamatan Tulang Bawang Tengah, Kabupaten Tulang Bawang Barat, Lampung. 

Percobaan penipuan melancarkan aksinya dengan menggunakan foto profil dan memperkenalkan bahwa dirinya merupakan Pj Bupati Tulang Bawang Barat M Firsada. 

Baca Juga:

Nomor tersebut memberitahu calon korbannya, jika tempat ibadah atau pure yang dikelolanya hendak mendapatkan bantuan atau donasi dari Pemerintah Daerah setempat.

Menanggapi hal itu, Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Tulang Bawang Barat Eri Budi Santoso menyatakan pesan itu merupakan aksi percobaan penipuan.

"Hoak, itu penipuan. Enggak ada Pak Bupati menghubungi para pengurus atau pengelola rumah ibadah untuk menyalurkan bantuan," ungkap Eri Budi Santoso, Sabtu, 11 November 2023.

Ebek sapaan akrabnya mengimbau, masyarakat yang menerima pesan WhatsApp maupun media sosial lainnya dengan mengatasnamakan Pj Bupati Tulang Bawang Barat agar berhati-hati dan mengkonfirmasi kebenarannya. 

Apalagi pesan yang disampaikan berkaitan dengan bantuan dana yang ujung-ujungnya meminta uang jasa, kelebihan transfer, administrasi, maupun modus lainnya. 

"Saya minta kepada seluruh masyarakat agar berhati-hati dengan modus penipuan yang mengatasnamakan dan menggunakan foto pejabat Tubaba. Konfirmasi dulu jangan sampai menjadi korban aksi penipuan oleh orang tidak bertanggungjawab," tegasnya.
×
Berita Terbaru Update