Pelepasan Kafilah Musabaqoh Tilawatil Qur'an (MTQ) Kabupaten Tulang Bawang Barat Menuju MTQ Tingkat Provinsi Lampung 2023

Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Tag Terpopuler

Pelepasan Kafilah Musabaqoh Tilawatil Qur'an (MTQ) Kabupaten Tulang Bawang Barat Menuju MTQ Tingkat Provinsi Lampung 2023

Senin, 09 Oktober 2023 | Oktober 09, 2023 WIB | 0 Views Last Updated 2023-10-09T08:54:27Z
Pelepasan Kafilah Musabaqoh Tilawatil Qur'an (MTQ) Kabupaten Tulang Bawang Barat Menuju MTQ Tingkat Provinsi Lampung 2023
Pelepasan Kafilah Musabaqoh Tilawatil Qur'an (MTQ) Kabupaten Tulang Bawang Barat Menuju MTQ Tingkat Provinsi Lampung 2023


Tulang Bawang Barat, 09 Oktober 2023 - Pada hari Senin, 9 Oktober 2023, pukul 09.30 WIB, sebuah acara penting dalam rangka menghadapi Musabaqoh Tilawatil Qur'an (MTQ) Ke-50 Tingkat Provinsi Lampung Tahun 2023 telah berlangsung. Kegiatan pelepasan kafilah MTQ Kabupaten Tulang Bawang Barat ini digelar di Rumah Dinas Bupati Tulang Bawang Barat, Kelurahan Panaragan Jaya, Kecamatan Tulang Bawang Tengah, Kabupaten Tulang Bawang Barat.

Kegiatan tersebut dihadiri oleh sejumlah tokoh penting, antara lain:

1. Pj. Bupati Tulang Bawang Barat, Drs. M. Firsada, M.Si.
2. Dandim 0412/LU, Letkol Inf Hery Eko Prabowo.
3. Kepala Kementerian Agama Kabupaten Tulang Bawang Barat, Drs. H.M. Sanusi.
4. Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Tulang Bawang Barat, Drs. H. Muhyidin Pardi.
5. Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Tulang Bawang Barat, Dra. Hanita Farial Firsadah, M.Si.
6. Kabag Kesra Nurcholis Majid.
7. Para Kafilah yang berjumlah 56 berserta official.

Ketua Lembaga Pengembangan Tilawatil Qur'an (LPTQ) Kabupaten Tulang Bawang Barat, dalam laporannya, menjelaskan dasar dan tujuan kegiatan MTQ. MTQ merupakan perlombaan seni baca, hafalan, tafsir, syarah, seni kaligrafi, penulisan karya tulis ilmiah al-Qur'an, dan hafalan al-Hadits. Tujuannya adalah untuk memelihara, mengembangkan, dan meningkatkan pemahaman, penghayatan, dan pengamalan al-Qur'an dan al-Hadits.

Pelaksanaan MTQ Ke-50 Tingkat Provinsi Lampung Tahun 2023 akan berlangsung pada tanggal 09 Oktober hingga 16 Oktober 2023, di Kota Bandar Lampung. Sejumlah tahapan persiapan telah dilaksanakan oleh LPTQ Kabupaten Tulang Bawang Barat, termasuk pembinaan peserta MTQ dan persiapan cabang perlombaan.

Kafilah Kabupaten Tulang Bawang Barat akan berkompetisi dalam 5 cabang perlombaan yang meliputi:
A. Tilawah Al-Qur'an untuk berbagai golongan usia.
B. Cabang Hifzh Al-Qur'an untuk berbagai golongan juz hafalan.
C. Musabaqoh Makalah Ilmiah Al-Qur'an.
D. Cabang Musabaqah Hadits Nabi dengan dua golongan hafalan hadits.
E. Fahm Al-Qur'an Regu Putri.

Totalnya, ada 56 orang yang akan mewakili Kabupaten Tulang Bawang Barat dalam kompetisi ini.

Pj. Bupati Tulang Bawang Barat, Drs. M. Firsada, M.Si., dalam sambutannya, mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah berdedikasi dalam mempersiapkan kafilah MTQ Kabupaten Tulang Bawang Barat. Beliau juga memberikan pesan kepada kafilah untuk berusaha sebaik mungkin, menjaga nama baik daerah, dan meraih prestasi yang membanggakan.

Semua harapan dan doa dari masyarakat disampaikan kepada kafilah yang akan bertanding. Pelepasan kafilah ini merupakan momen penting dan bersejarah, di mana mereka akan membawa harapan dan aspirasi warga Kabupaten Tulang Bawang Barat dalam ajang MTQ tingkat Provinsi Lampung.

Dengan semangat yang tinggi, kafilah MTQ Kabupaten Tulang Bawang Barat resmi dilepas untuk mengikuti Musabaqoh Tilawatil Qur'an ke-50 Tahun 2023 di Bandar Lampung. Semoga mereka dapat meraih prestasi yang gemilang dan mengharumkan nama Kabupaten Tulang Bawang Barat di tingkat Provinsi. Semua doa dan dukungan masyarakat selalu menyertai mereka dalam perjalanan ini.
×
Berita Terbaru Update