Kerap Teror Warga, Buaya Sepanjang 3 Meter Ditangkap Saat Masuk Tambak

Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Tag Terpopuler

Kerap Teror Warga, Buaya Sepanjang 3 Meter Ditangkap Saat Masuk Tambak

Minggu, 15 Oktober 2023 | Oktober 15, 2023 WIB | 0 Views Last Updated 2023-10-21T14:18:07Z
Buaya muara yang berhasil ditangkap warga/Istimewa (Moderator.id)
Tulang Bawang, Lampung (Moderator.id) -- 
Warga Kampung Bumi Dipasena Utama, Kecamatan Rawajitu Timur, Kabupaten Tulang Bawang, Lampung menangkap seekor buaya muara sepanjang 3 meter.

Kepala Bidang Infrastruktur Budidaya Perhimpunan Petambak Pembudidaya Udang Wilayah (P3UW) Lampung Sutikno Widodo mengungkapkan, buaya itu ditangkap warga lantaran dalam beberapa hari terakhir diketahui masuk dalam tambak udang.

Baca Juga: 

"Buaya ditangkap tadi malam, Sabtu (14/10/2023) sekitar pukul 20.12 WIB setelah masuk ke dalam tambak milik warga di Blok 3 jalur 29 nomor 8 Kampung Bumi Dipasena Utama," ungkap Sutikno Widodo, Minggu, 15 Oktober 2023.

Dia menerangkan, aktivitas buaya yang masuk ke wilayah pertambakan saat ini membuat masyarakat resah. Pasalnya, buaya itu masuk ke tambak dan kerap menyerang manusia. 

"Buaya ditangkap dengan cara dijerat pakai tali oleh para warga," jelas dia.

Baca Juga:

Buaya yang sempat ditangkap itu, saat ini telah dilepas liarkan ke habitat aslinya yang berada di muara sungai Tulang Bawang. Menurut Widodo, akhir-akhir ini kemunculan buaya kerap terjadi. 

Bahkan salah seorang warga Kampung Gedung Karya Jitu, Kecamatan Rawajitu Selatan sempat menjadi korban terkaman buaya. Korban kala itu, tengah mencari ikan. 

"Korban sedang menjala di kanal main outlet jalur 61 blok 7 Kampung Bumi Dipasena Jaya. Warga yang melihat langsung membantu menarik korban ke daratan. Korban mengalami sejumlah luka robek akibat terkaman buaya," ungkap dia. 

Dia menduga kemunculan buaya muara yang terjadi di sejumlah lokasi tambak, akibat pasokan makanan di habitat aslinya saat ini tengah menipis. Ia mengimbau warga yang melakukan aktivitas di tambak maupun kanal agar selalu berhati-hati.

"Harus tetap waspada, karena beberapa terakhir ini buaya sering muncul," cetusnya.
×
Berita Terbaru Update