Kemarau Panjang Melanda, Warga Desa Kubu Batu Krisis Air Bersih

Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Tag Terpopuler

Kemarau Panjang Melanda, Warga Desa Kubu Batu Krisis Air Bersih

Selasa, 03 Oktober 2023 | Oktober 03, 2023 WIB | 0 Views Last Updated 2023-10-21T14:18:10Z
Kemarau Panjang Melanda, Warga Desa Kubu Batu Krisis Air Bersih
Petugas BPBD menyalurkan air bersih kepada warga Desa Kubu Batu yang mengalami kekeringan (Moderator.id)
Pesawaran, Lampung (Moderator.id) -- Krisis air bersih saat ini melanda sejumlah wilayah, disebabkan musim kemarau. Salah satunya seperti yang terjadi di Desa Kubu Batu, Kecamatan Way Khilau, Kabupaten Pesawaran, Lampung.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Pesawaran Sofyan Aghani menjelaskan, pihaknya bersama Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) daerah setempat menyalurkan bantuan air bersih bagi masyarakat yang ada di Desa Kubu Batu.

Baca Juga: 

"Untuk saat ini terdapat satu desa yang sudah mengalami kekurangan air bersih yakni Desa Kubu Batu," ungkap Sofyan Aghani kepada wartawan, Selasa, 3 Oktober 2023.

Ia menjelaskan, pendistribusian satu tengki air dengan kapasitas 15 ribu liter itu berdasarkan permintaan dari masyarakat setempat. Pasalnya, musim kemarau dan dipengaruhi El Nino menyebabkan kekeringan dan berdampak pada krisisnya air bersih. 

"Bantuan air bersihkan itu diberikan untuk dua RT yang memiliki sekitar 113 kepala keluarga (KK)," terangnya.

Sofyan mengungkapkan, terdapat dua kecamatan di Kabupaten Andan Jejama yang rentan mengalami kekeringan disaat musim kemarau tiba. Dua kecamatan yang di maksud Sofyan yakni Kecamatan Way Lima dan Way Khilau.

"Dua kecamatan itu yang sering kekurangan air bersih, karena di daerah itu belum ada jalur air bersih PDAM," terang dia.

Dia mengimbau, bagi masyarakat yang mengalami kekurangan air bersih agar dapat melaporkan ke pihak desa. Nantinya aparat desa akan meneruskannya ke camat dan selanjutnya ke BPBD.
"Kami meminta kepada masyarakat harus lebih bijam dan efesien dalam menggunakan air bersih," imbau dia.
×
Berita Terbaru Update