Kemarau Berkepanjangan, Pemkab Tuba Gelar Salat Istisqa

Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Tag Terpopuler

Kemarau Berkepanjangan, Pemkab Tuba Gelar Salat Istisqa

Senin, 09 Oktober 2023 | Oktober 09, 2023 WIB | 0 Views Last Updated 2023-10-21T14:18:08Z

Kemarau Berkepanjangan, Pemkab Tuba Gelar Salat Istisqa
Pemkab Tulang Bawang menggelar Salat Istisqa, Senin, 9 Oktober 2023 (Moderator.id)

Tulang Bawang, Lampung (Moderator.id) --Pemerintah Daerah Kabupaten (Pemkab) Tulang Bawang menggelar Salat Istisqa di halaman upacara pemkab setempat, Senin, 9 Oktober 2023. 

Salat yang diikuti sejumlah Aparatur Sipil Negara (ASN)  dan masyarakat itu, bertujuan untuk meminta hujan setelah musim kemarau melanda daerah setempat dalam beberapa bulan terakhir ini. 

Baca Juga: 

"Ini bentuk permohonan dan permintaan kepada Allah SWT agar dapat diturunkannya hujan," ungkap Penjabat Bupati Tulang Bawang Qudratul Ikhwan dalam sambutannya.

Dengan diadakannya salat berjamaah itu, dia berharap doa permintaan hujan dapat dikabulkan, sehingga dapat segera menghentikan kekeringan akibat kemarau panjang yang melanda. 

Sebab, akibat musim kemarau yang melanda saat ini selain menyebabkan krisis air bersih juga memicu terjadinya peristiwa kebakaran lahan.

"Kemarau tahun ini sangat dirasakan dampaknya oleh masyarakat," jelas dia.

Qudratul mengajak, seluruh masyarakat Tulang Bawang untuk melakukan introspeksi diri dan mensyukuri segala nikmat yang telah diberikan Sang Pencipta.

"Kita harus mengakui bahwa kita ini mahkluk yang lemah, enggak ada curah hujan dalam beberapa waktu terakhir ini saja kita sudah kalang kabut karena asap dan panas. Kita sama-sama berdoa, semoga Allah SWT meridhoi apa yang kita lakukan dengan diturunkannya hujan," harapnya. 

Kepala Kantor Kementarian Agama Kabupaten Tulang Bawang H.A Jalaluddin dalam khutbahnya menjelaskan bahwa salat sunnah dua rakaat itu dalam rangka memohon rahmat Allah SWT. 

"Salat sunnah dua rakaat yang dijalankan hari ini adalah upaya kita bersama untuk meminta segera diturunkannya hujan," jelas dia. 

Dia mengajak, seluruh umat muslim untuk menggelar Salat Istisqa karena hukumnya Sunnah Muakkad. "Artinya sangat dianjurkan saat terjadi kekeringan sebagai salah satu bentuk ikhtiar yang ditujukan kepada Allah SWT," terangnya.

/Berita Terkait:

  1. Kemarau Panjang Melanda, Warga Desa Kubu Batu Krisis Air Bersih
  2. Mamfaatkaan Cadangan Air Secara Optimal di Musim Kemarau

×
Berita Terbaru Update