Lampung Democracy Studies kembali menggelar Democracy Studies batch 2 yang di ikuti oleh seluruh pegiat dengan tetap mengusung konsep diskusi & ngabuburit.

Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Tag Terpopuler

Lampung Democracy Studies kembali menggelar Democracy Studies batch 2 yang di ikuti oleh seluruh pegiat dengan tetap mengusung konsep diskusi & ngabuburit.

Jumat, 29 Maret 2024 | Maret 29, 2024 WIB | 0 Views Last Updated 2024-03-30T17:27:41Z

 


Dalam pertemuan kali ini Lampung democracy studies fokus membahas soal Indonesia dalam kepungan ideologi dunia yang di bahas oleh Dr Wahyu Iryana M.hum Wakil dekan 3 Febi UIN RIL sekaligus pegiat LDS pada Jum'at 29 Maret 2024  


Ideologi yang merupakan ilmu yang memahami ide / gagasan / pemahaman yang di konsolidir keseluruh lapisan masyarakat sehingga ia menjadi visi bersama. diawali dari peristiwa Revolusi di Prancis sebagai titik awal lahirnya beberapa ideologi didunia 


" berangkat dari situasi perkembangan industri yang pesat di Prancis dan tenaga manusia digantikan dengan mesin sehingga banyak buruh yang di pecat dan kehilangan pekerjaan sehingga masyarakat miskin kota menutut dan melakukan perlawanan " ungkap Dr. Wahyu 


pergolakan politik dan situasi ekonomi menjadi faktor penting sehingga berkembang nya ideologi di suatu negara. ditambah lagi akan semakin kuat jika suatu negara menggunakan ideologi sebagai instrumen kebijakan yang digunakan oleh negara tersebut.


"dalam pertarungan nya pasca perang dunia pertama ada 3 ideologi besar yang saling mendominasi kapitalisme, fasisme , komunisme. seiring perkembangan nya, Indonesia sebagai negara dengan menjunjung tinggi nilai persatuan dan kesatuan Pancasila sebagai dasar negara dan merupakan kesepakatan bersama founding father bangsa kita menyepakati bahwa ini dijadikan pandangan hidup bangsa yang didalamnya mengandung nilai dasar yang berorientasi dengan perkembangan zaman serta dinamika dalam negara" tambahnya.


Democracy Studies Batch 2 selanjutnya akan dilaksanakan pada tanggal 30-31 Maret kemudian di lanjutkan 3-4 April 2024, dengan tetap pada orientasi awal bahwa diskusi yang dilaksanakan dalam rangka membaca dan memahami kompleksitas demokrasi dan politik di Indonesia.

×
Berita Terbaru Update