Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Tag Terpopuler

Pj Bupati Tubaba Hadiri Rakor Antisipasi Dampak El Nino, Lampung Siap Amankan Pasokan Pangan

Rabu, 20 September 2023 | September 20, 2023 WIB | 0 Views Last Updated 2023-09-20T00:48:36Z
Tulang Bawang Barat, 19 September 2023 - Penjabat (Pj) Bupati Tulangbawang Barat (Tubaba), Drs. M. Firsada, menghadiri Rapat Koordinasi (Rakor) antisipasi dampak El Nino terhadap produksi dan komoditas pangan di Provinsi Lampung.

Rakor tersebut dipimpin langsung Gubernur Lampung, Arinal Djunaidi, dan dihadiri seluruh Bupati/Walikota Se-Provinsi Lampung yang berlangsung di Mahan Agung, Bandar Lampung.

Dalam arahannya, Gubernur menyatakan bahwa Provinsi Lampung telah menyiapkan sejumlah langkah antisipasi untuk menghadapi dampak El Nino, salah satunya adalah dengan menambah luas tanam padi pada periode Agustus – Oktober seluas 36.000 hektar yang tersebar di 10 kabupaten.

"Alhamdulillah Lampung ini bulan September-Oktober sudah mulai turun hujan, pada bulan september kita juga sudah memulai masa tanam dengan luasan 36.000 hektar, Insya Allah Desember nanti kita akan sudah panen," ucap Gubernur.

Selain itu, Provinsi Lampung juga memiliki stok pangan sebanyak 35.000 ton beras, sehingga stok kebutuhan pangan Provinsi Lampung dapat tercukupi.

"Saat ini kita memiliki stok pangan sebanyak 35.000 ton beras, oleh karena itu mudah-mudahan kebutuhan kita sampai bulan oktober, baik cadangan pangan yang ada di bulog maupun kesiapan tanam untuk panen pada bulan september dan oktober juga sudah terealisasi," ucap Gubernur.

Dalam Rakor tersebut Gubernur juga memberikan arahan kepada Bupati/Walikota untuk melakukan beberapa hal agar terhindar dari dampak El Nino, diantaranya adalah dengan melakukan koordinasi secara intensif terhadap adanya kekurangan/ketersediaan air, serangan OPT, dan mitigasi terhadap daerah-daerah rawan kebakaran hutan dan longsor.

Pj Bupati Tubaba, Drs. M. Firsada, mengatakan bahwa Pemerintah Kabupaten Tulangbawang Barat (Tubaba) siap mendukung upaya antisipasi dampak El Nino yang dilakukan oleh Pemerintah Provinsi Lampung.

"Kami siap mendukung upaya antisipasi dampak El Nino yang dilakukan oleh Pemerintah Provinsi Lampung. Kami akan terus berkoordinasi dengan Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Tubaba untuk memastikan ketersediaan pangan di Kabupaten Tubaba," ujar Firsada.
×
Berita Terbaru Update