Empat Warga Pekon Luas Terserang DBD, Kapus: Lawan Dengan PHBS

Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Tag Terpopuler

Empat Warga Pekon Luas Terserang DBD, Kapus: Lawan Dengan PHBS

Minggu, 03 September 2023 | September 03, 2023 WIB | 0 Views Last Updated 2023-10-21T14:18:31Z
Empat Warga Pekon Luas Terserang DBD, Kapus: Lawan Dengan PHBS
Ilustrasi petugas melalukan fogging (Moderator.id)

Lampung Barat (Moderator.id) -- Sebanyak empat warga Pekon/Desa Luas, Kecamatan Batu Ketulis, Kabupaten Lampung Barat, Lampung dilaporkan terserang penyakit deman berdarah dengue (DBD). 

Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) Batu Ketulis Sarwo Edi Wahono menjelaskan, pihaknya sempat merawat empat pasien asal Pekon/Desa Luas, karena terserang penyakit yang disebabkan gigitan nyamuk Aedes Aegypti. 

"Dari empat pasien itu, tiga orang sudah sembuh. Sementara satu pasien dalam kondisi pemulihan," beber Sarwo Edi, Minggu, 3 September 2023.

Baca Juga: Apa Penyebab 13 Ekor Kambing Mati Mendadak?

Dia menjelaskan, empat kasus DBD yang sempat ditangani pihaknya terjadi di akhir Agustus kemarin. Ia menduga tiga pasien berawal dari kasus imfort, lantaran ketiganya sempat melakukan perjalan ke luar daerah. Sementara satu pasien, diduga terjangkit dari tempat tinggal karena diketahui tidak memiliki riwayat perjalanan.

Dia mengaku, untuk mencegah penyakit yang sama berkembang dan menjangkit para masyarakat pihaknya telah melalukan penyelidikan epidemologi di lingkungan tempat tinggal warga.

"Setelah kami lakukan PE, petugas tidak menemukan adanya jentik nyamuk Aedes Aegypti di sekitar tempat tinggal warga. Untuk langkah antisipasi, kami menebar bubuk abate di tempat  bak penampungan air," jelas dia.

Dia mengimbau, masyarakat agar tetap menjaga pola hidup bersih dan sehat (PHBS) untuk mencegah berbagai jenis penyakit berkembang biak dan menjangkit. Ia juga meminta, masyarakat berperan aktif untuk memberantas sarang nyamuk dan menggunakan kelambu saat tidur.

Baca Juga: Warga Galau Penyebab Kematian Massal Kambing Belum Terindetifikasi

×
Berita Terbaru Update