22 Kasus Kebakaran Terjadi di Tulangbawang, Ini Imbauan Kadis Damkar

Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Tag Terpopuler

22 Kasus Kebakaran Terjadi di Tulangbawang, Ini Imbauan Kadis Damkar

Senin, 04 September 2023 | September 04, 2023 WIB | 0 Views Last Updated 2023-10-21T14:18:30Z
22 Kasus Kebakaran Terjadi di Tulangbawang, Ini Imbauan Kadis Damkar
Petugas Damkar Kabupaten Tulangbawang saat berjibaku memadamkan kobaran api (Moderator.id)

Tulangbawang (Lampung) -- Sebanyak 22 kasus kebakaran terjadi di Kabupaten Tulangbawang medio Januari hingga 3 September 2023. Beruntung dalam puluhan kasus kebakaran yang menimpa rumah, tempat usaha, dan kendaraan bermotor itu tidak sampai menimbulkan korban jiwa.

Kepala Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kabupaten Tulangbawang  Muhammad Umar mengatakan selain menangani 22 peristiwa kebakara. Pihaknya turut menangani 52 evakuasi untuk membantu masyarakat.


Dia membeberkan, 22 peristiwa kebakaran itu terjadi masing-masing delapan kejadian kebakaran rumah dan lahan, satu kejadian terbakarnya kendaraan bermotor, dan lima kejadian kebakaran tempat usaha. "Beruntung dari 22 kasus kebakaran yang terjadi  itu tidak ada yang sampai menimbulkan korban jiwa," ungkap Umar, Senin, 4 September 2023.


Ia mengatakan, untuk peristiwa ngamuknya si jago merah di tempat usaha sempat terjadi di sebuah Panglong Kayu, gudang, dan toko waralaba. Kemudian, satu kasus kebakaran satu unit kendaraan roda dua terjadi di wilayah Kecamatan Menggala Timur.


Secara teknis, terang dia, pihaknya memiliki peran dalam menangani masalah kebakaran dan penyelamatan saat terjadi musibah itu. Pihaknya kini memiliki dua pos siaga yang berada di Kecamatan Menggala dan Kecamatan Banjaragung didukung 50 personel petugas damkar yang selalu stand by 24 jam dan empat armada mobil pemadam. 


Untuk 51 evakuasi atau penyelamatan yang pernah dilakukan di tahun ini, ulas dia, mengevakuasi 42 hewan liar yang masuk ke pemukiman dan rumah warga, evakuasi tiga hewan peliharaan yang terjebak dalam sumur, dan enam bantuan melepaskan cincin yang tidak bisa lepas dari jari tangan.


Umar meminta, masyarakat dapat berperan aktif untuk mencegah terjadinya peristiwa kebakaran rumah, lahan, dan tempat usaha di tengah meningkatnya suhu panas akibat dampak El Nino dengan tidak membakar sampah dan membuang puntung rokok sembarangan serta tidak membuka lahan dengan cara dibakar.

Baca Juga: 

"Bagi masyarakat yang hendak bepergian agar selalu waspada dengan memperhatikan kompor sebelum rumah ditinggal dan memeriksa atau memperhatikan instalasi listrik secara berkala. Sebab ini menjadi salah satu faktor penyebab kebakaran rumah, gedung, dan juga tempat usaha," terang dia.

×
Berita Terbaru Update