Tari Cetik Kipas Melinting Lampung Tampil di Istana Negara

Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Tag Terpopuler

Tari Cetik Kipas Melinting Lampung Tampil di Istana Negara

Kamis, 17 Agustus 2023 | Agustus 17, 2023 WIB | 0 Views Last Updated 2023-09-02T03:16:53Z

Para penari saat menampilkan Tari Cetik Kipas Melinting di Istana Negara (Moderator.id)

Jakarta -- Tari Cetik Kipas Melinting ikut tampil memeriahkan dalam rangkaian kegiatan Upacara Peringatan Detik-detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia di Istana Merdeka, Jakarta, Kamis, 17 Agustus 2023.




Tarian yang berasal dari Kabupaten Lampung Timur, Provinsi Lampung ini menggambarkan ke gagahan putra Lampung dan kelembutan hati wanita Lampung.



Gerakan penari pria yang gagah dan lincah memiliki makna bentuk tanggungjawab seorang pria untuk mensejahterakan serta melindungi martabat keluarga.



Sementara gerak pada penari perempuan yang lembut dan halus melambangkan kelembutan wanita Lampung. Tari Cetik Kipas Melinting disebut merupakan peninggalan Ratu Melinting yang berada di daerah Lampung Timur.





Tari Melinting tergolong tarian tertua yang pernah ada di sana, karena diperkirakan tarian ini sudah ada sejak masuknya agama Islam di Indonesia, khususnya di daerah Sang Bumi Ruwa Jurai.



Tarian itu memiliki keunikan utama adalah semua gerakannya memiliki makna. Kerumitan gerak yang diperagakan itu juga memiliki makna yang terkandung di dalamnya.



Penari yang membawakannya terdiri dari pria dan wanita yang semuanya membawa kipas. Sehingga tari melinting termasuk jenis tari berpasangan atau kelompok.


Tampilnya kesenian tari tradisional asal Lampung Timur tentunya membuat bangga seluruh masyarakat Lampung. Mereka menari sambil membawa kipas berwarna merah dan putih yang melambangkan bendera Republik Indonesia.



Apalagi tarian yang dibawakan oleh Tim Kesenian Sanggar Melinting Waway, Desa Nibung, Kecamatan Gunung Pelindung, Kabupaten Lampung Timur ditampilkan langsung di hadapan Presiden Joko Widodo serta ribuan tamu kehormatan yang hadir dalam peringatan hari kemerdekaan ke-78.



Asisten l Bidang Pemerintahan dan Kesra Pemprov Lampung Qudratul Ikhwan mengatakan, Tari Melinting diberi ruang untuk tampil di Istana Negara atas permintaan pemerintah pusat kepada Pemprov Lampung.



"Ini permintaan pemerintah pusat kepada pemerintah daerah untuk memfasilitasi keberangkatan para penari menuju Istana Negara," ungkap Qudratul Ikhwan.



Dia bilang seluruh penari berasal dari Desa Nibung, Kecamatan Gunung Pelindung, Kabupaten Lampung Timur. Sebab, disana tarian ini masih terjaga kelestariannya.

×
Berita Terbaru Update