Presiden Ambil Alih Perbaikan Jalan di Tuba

Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Tag Terpopuler

Presiden Ambil Alih Perbaikan Jalan di Tuba

Minggu, 13 Agustus 2023 | Agustus 13, 2023 WIB | 0 Views Last Updated 2023-09-02T03:16:55Z

 

Dinas PUPR Kabupaten Tulang Bawang bersama Tim BPJN Lampung meninjau lokasi perbaikan jalan yang diambil alih pemerintahan pusat

Tulangbawang (Lampung) -- Pemerintah pusat memperbaiki satu ruas jalan di Kabupaten Tulangbawang melalui Instruksi Presiden (Inpres) Nomor 3 tahun 2023 tentang Percepatan Peningkatan Konektivitas Jalan Daerah. 


Perbaikan jalan sepanjang 6 KM itu, salah satu ruas jalan yang sempat diusulkan Pemerintah Daerah Kabupaten Tulangbawang kepada pemerintah pusat. 



Kepala Bidang Bina Marga Dinas PUPR Kabupaten Tulangbawang K Heriansyah mengatakan, semula pihaknya mengusulkan tiga ruas jalan kabupaten untuk dapat diperbaiki pemerintah pusat melalui inpres.



Tiga ruas jalan itu yakni Ruas Kampung Pancamulya, Kecamatan Banjarbaru menuju akses pintu tol Lambukibang, Kabupaten Tulangbawang Barat, Ruas Bujung Tenuk - Rengas Cendung ke arah Jalan Damar menuju akses pintu tol Menggala, dan Ruas Bogatama - Pasar Batang Kecamatan Penawartama.



"Total panjang jalan tiga ruas itu sekitar 16 KM. Dari tiga ruas jalan yang diusulkan, Ruas Bogatama - Pasar Batang tahun ini diperbaiki melalui inpres dengan panjang 6,6 KM dan menelan anggaran sekitar Rp40 milar, " kata Heriansyah, Minggu, 13 Agustus 2023.



Dia mengatakan,  pihaknya bersama tim Balai Pelaksana Jalan Nasional (BPJN) Lampung pada, Kamis, 10 Agustus 2023 melakukan pemantauan proses pengerjaan yang kini tengah mengerjakan pembentukan badan jalan. Ruas jalan itu merupakan jalan penunjang centra pangan dan food estate di Kabupaten Tulangbawang.



"Ada dua penanganan perbaikan jalan yakni hotmix dan rigid beton. Yang rigid beton rencana di Kampung Bogatama ke Kampung Pulogadung kurang lebih panjangnya 300 meter," kata dia.



Ia mengaku, untuk memperlancar konektivitas masyarakat pihaknya berencana melakukan sinergi dengan hasil pembangunan jalan yang dilakukan pemerintah pusat dengan membangun jembatan.



"Rencananya mau penggantian jembatan Way Lunik yang ada di ruas Jalan Bogatama - Pasar Batang. Saat ini masih tahap usulan dari Dinas PUPR ke Bapedda untuk tahun 2024 setelah pembangunan jalan selesai. Untuk penggantian jembatan itu membutuhkan dana sekitar Rp4 miliar," ujar dia



Menurut dia, saat ini terdapat 33 KM jalan di Tulangbawang membutuhkan perhatian dari pemerintah pusat karena merupakan akses masyarakat menuju wilayah penunjang centra pangan dan food estate. Titik jalan itu berada di unit lll Kecamatan Banjarmargo menuju Kecamatan Rawapitu.



Heri menyatakan, kondisi jalan kabupaten saat ini tidak mencapai separuh yang dalam kondisi baik. Ruas jalan yang saat ini mengalami rusak berat berada di wilayah Kecamatan Gedungmeneng, Denteteladas, Gedungaji, Penawaraji, dan Rawapitu.



"Jalan kabupaten itu panjangnya 786,08 KM yang dalam kondisi mantap baru mencapai 27,26 persen. Sementara jalan provinsi yang ada di Kabupaten Tulangbawang panjangnya  67,847 KM dengan kondisi mantap mencapai 53,26 persen dan total jalan nasional 121,32 persen saat ini 100 persen mantap," katanya.


×
Berita Terbaru Update