Kisah Salamun Ahli Pertamanan Tubaba -->

Kisah Salamun Ahli Pertamanan Tubaba

Rabu, 11 Januari 2023, Rabu, Januari 11, 2023

TUBABA  - Kisah Salamun  (43) pria paruh baya baya baya warga pribumi asal Kabupaten Tulang Bawang Barat tiyuh (desa) Waysido Kecamatan Tulang Bawang Udik, tangan kreatifnya berhasil menyulap Tulung (lembah) menjadi taman yang memiliki daya tarik bagi pengunjung yang datang kesana, berikut kisahnya .
Tanah seluas 4 hektar tidak jauh dari pemukiman warga desa Panaragan Jaya Utama (PJU) juga berdampingan dengan kantor Badan Penyuluh Pertanian Tubaba. Dahulunya  adalah hutan karet yang tidak lagi produktif, oleh pemiliknya ditebang dan akan dijadikan kebun duren.

Namun siapa sangka di tangan kreatif Solomun lembah itu berhasil disulap menjadi taman hiburan rakyat. Kini sedang ramai diperbincangkan karena daya tariknya membuat para pengunjung ingin datang melihat secara langsung taman yang kini diberi nama Lembah Ture.

Bukan hanya Lembah Ture masih banyak karya tangan Solomun yang menyulap hal biasa menjadi luar biasa, seperti taman-taman yang ada di Tubaba. Karena kreatifnya Solomun dipercaya sejak dahulu oleh mantan Bupati Tubaba Umar Ahmad untuk mengelola taman di Tubaba.
Bagi anda yang lahir tahun 2000 masih ingatkah dengan film anak Teletubbies ? Nah Lembah Ture tempatnya, tempat para Teletubbies bermain ceria. Ada banyak bunga, pepohonan yang rindang, arena bermain anak, spot foto yang menarik semua lengkap hanya ada di Lembah Ture.  
Bagi anda dari luar kota yang belum pernah berkunjung disana anda dapat mengakses alamatnya di aplikasi pencarian tempat seperti aplikasi Waze atau google Map.

Atau dari pintu keluar Tol Panaragan - Menggala anda cukup menuju arah kantor Pemda Tubaba kemudian menuju arah pertigaan Tugu Batu sebelumnya anda akan melewati wisata Patung Empat Marga.
Setelah itu anda melanjutkan perjalanan menuju pertimbangan Tugu Batu, cukup ambil arah kiri, sekitar 7 KM menuju Tugu Payung lalu ambil lajur kanan dari Tugu Payung tak jauh sekitar 1KM anda akan melihat Plang Nama Lembah Ture, perjalanan anda sampai.

Hanya dengan biaya masuk untuk parkir sebesar Rp5 ribu kendaraan anda dijamin aman. Kelelahan Anda akan sekejap hilang saat melihat panorama alam yang memikat mata.
Bagi anda yang lapar, haus tak usah kawatir Lembah Ture juga menyediakan kafe yang menyediakan makanan dan minuman cepat saji dengan harga terjangkau serta fasilitas umum lainnya seperti toilet, dan tempat ibadah, tempat istirahat yang cukup. (Mr)












Berita Pilihan

berita POPULER+

TerPopuler