Wakil Bupati Lampung Utara Saksikan Vaksinasi Sapi -->

Wakil Bupati Lampung Utara Saksikan Vaksinasi Sapi

Jumat, 01 Juli 2022, Jumat, Juli 01, 2022
ABUNG SEMULI (30/6/2022) -  Wakil Bupati Lampung Utara Ardian Saputra, bersama Plt  Asisten II Bidang Ekonomi, Kesejahteraan dan Pembangunan Sofyan meninjau launching pencanangan vaksin sapi untuk mencegah Penyakit Mulut dan Kuku  atau PMK di Dusun Sukajadi,  Desa Suka Maju, Abung Semuli, Kamis, 30 Juni 2022.

Selain Wakil Bupati dan Asisten II, hadir di sana Kepala Dinas Pertanian dan Peternakan Lampung Utara dan jajarannya,  Forkopimcam Abung Semuli, tokoh masyarakat, dan para peternak yang ada di wilayah tersebut.

Setelah berbincang sejenak dengan warga dan para peternak, Wakil Bupati menyaksikan proses vaksinasi yang dilakukan para dokter hewan kabupaten setempat kepada sejumlah sapi di Dusun Sukajadi, Sukamaju, Abung Semuli.

Wakil Bupati, Asisten II, Kepala Dinas Pertanian dan Peternakan Lampung Utara, dan forkopimda Kecamatan Abung Semuli melihat para dokter hewan menyuntikkan vaksin kepada satu persatu hewan ternak di sana.

Dalam laporannya kepada Wakil Bupati, Plt ‎Asisten II  Sofyan menjelaskan Lampung Utara masih bebas dari sapi yang terpapar PMK, namun karena tiga daerah lain terdampak penyakit tersebut, Pemkab memberi perhatian kepada sentra-sentra peternakan.

Sofyan menyebut Lampung Utara telah menerima 3.500 dosis vaksin dari Pemerintah Provinsi Lampung untuk disuntikkan ke hewan-hewan ternak di kabupaten tersebut, yang terdiri dari sapi dan kambing.

Hingga Kamis, 30 Juni 2022, Pemkab Lampung Utara telah mendistribusikan 600 dosis ke dua kecamatan, masing-masing Abung Surakarta dan Abung Semuli. Pencanangan di Abung Selatan dianggap launcing.

Dalam sambutannya, Wakil Bupati Lampung Utara Ardian Saputra, mengatakan ia sengaja terjun ke kandang-kandang ternak untuk memastikan kesehatan hewan menjelang hari raya Idul Adha dalam keadaan siap potong dan sehat untuk dikonsumsi.

Ardian Saputra menyebut PMK sebagai penyakit  bukan berbahaya, namun Pemerintah Kabupaten ingin memastikan hewan-hewan ternak, terutama sapi, dan kambing, aman dari penyakit jenis baru tersebut di Lampung Utara.

Wakil Bupati berpesan kepada warga Lampung Utara segera melaporkan sapi yang mereka duga terkena PMK dan meminta warga tidak ragu melakukan ibadah pemotongan hewan qurban pada Hari Raya Idul Adha nanti.

ADI SUSANTO

Berita Pilihan

berita POPULER+

TerPopuler