Ribuan Umat Muslim Melaksanakan Sholat Idul Adha di Halaman Samsat Banjarmasin Satu -->

Ribuan Umat Muslim Melaksanakan Sholat Idul Adha di Halaman Samsat Banjarmasin Satu

Sabtu, 09 Juli 2022, Sabtu, Juli 09, 2022

Khutbah Idul Adha 1443 H, Oleh Ustadz H.Mairijani, M.ag, di halaman Samsat Banjarmasin 1

Banjarmasin, Bbs-news.id - Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah telah menetapkan Hari Raya Idul Adha 1443 Hijriyah jatuh pada Tanggal 9 Juli Tahun 2022, lebih dulu satu hari dibanding penetapan oleh Pemerintah yakni Tanggal 10 Juli 2022 Miladiah. 

Mengikuti ketetapan PP Muhammadiyah, Pimpinan Daerah Muhamadiyah Banjarmasin  di bantu Pimpinan Daerah Pemuda Muhamadiyah Banjarmasin telah melaksanakan shalat Idul Adha pada Sabtu (9/7/2022) pagi di mulai pukul 07.15 Wita di Halaman Kantor SAMSAT Banjarmasin 1 Jalan Ahmad Yani Km.6


Ribuan Jamaah Dengan Khusuk Mendengarkan Khutbah Idul Adha 1443 H. 

Ribuan Masyarakat Muslim dan Muslimah memadati Halaman Samsat Banjarmasin Satu dengan pengawalan keamanan dari kepolisian.

Khotbah Idhul Adha 1443 H di sampaikan Ustadz H.Mairijani, M.ag dengan tema khotbah  "Kunci Kebahagiaan Sesungguhnya Pada Konsistensi Ketaatan dan Kepatuhan Kepada Allah SWT".

Jama'ah Foto bersama setelah selesai Sholat Idul Adha, di Halaman Samsat Banjarmasin 1 KM 6

Dalam khotbahnya ustadz Mairijani menguraikan bahwa di bulan Dzulhijah ini setiap kali umat islam merayakan Idhul Adha maka tidak akan pernah terlepas dari dua peristiwa nan agung dan mulia yang di syariatkan dalam islam yaitu : pertama kewajiban ibadah haji bagi orang orang yang memiliki kemampuan,.

" Mengerjakan haji adalah kewajiban manusia terhadap Allah, yaitu (bagi) orang yang sanggub mengadakan perjalan ke Baitullah barangsiapa mengingkari ( kewajiban haji), maka sesungguhnya Allah Maha Kaya (tidak memerlukan sesuatu) dari semesta alam, (Ali Imran: 97).

Kedua: ibadah yang di syariatkan adalah menyembeleh hewan qurban/udhiyyah. hal ini dilakukan sebagai ungkapan rasa syukur kepada Allah atas nikmat yang telah di karuniakan kepada kita, sebagaimana firman Allah dalam Al-Qur'an surat Al-Kautsar ,

Yang artinya: 

1.Sesungguhnya kami telah memberikan kepadamu nikmat yang banyak.

2.Maka dirikan shalat karena Tuhanmu; dan berkorbanlah.

Jadi di penghujung tahun ini (Dzulhijah) ada beberapa ibadah yang dimuliakan oleh Allah diantaranya : ibadah haji, ibadah qurban,puasa arofah dan ibadah lainnya. Hal ini disampai dalam bagian isi khotbah  yang di sampaikan Ustadz H.Mairijani Dosen Politeknik Negeri Banjarmasin dan juga ketua MES Kalsel ini. (SR/AN

Berita Pilihan

berita POPULER+

TerPopuler