Plang Proyek Saluran Air Lampung Selatan Wajib Dipasang -->

Plang Proyek Saluran Air Lampung Selatan Wajib Dipasang

Senin, 04 Juli 2022, Senin, Juli 04, 2022
KALIANDA (4/7/2022) – Sebuah proyek perbaikan saluran air di Jalan Lintas Sumatera, Desa Gunungterang, Kecamatan Kalianda, Lampung Selatan, tidak memasang plang atau papan nama. Paket pekerjaan, pendanaan hingga nilai kontrak tidak diketahui sama sekali.

Proyek perbaikan saluran air dimulai sejak pekan lalu. Pekerjaan ini diakui sebagai proyek nasional Kementerian PUPR dengan kontraktor PT Yerman Makmur Sejahtera. Perbaikan saluran air meliputi sejumlah titik di Jalan Lintas Sumatera dan Jalan Lintas Timur.

Pekerjaan proyek mulai berjalan, namun tanpa papan nama. Paket pekerjaan, lokasi, dan sumber dana tidak diketahui. Waktu pelaksanaan, nilai kontrak, dan informasi lainnya juga tidak jelas. Padahal, proyek ini disebut-sebut bernilai puluhan miliar.

Konsultan PT Yerman Makmur Sejahtera Hasan Karo-karo tidak dapat menyebut nilai anggaran proyek perbaikan saluran air. Ia hanya menyebut proyek ini merupakan realisasi usulan masyarakat melalui Dinas Pekerjaan Umum.

Proyek ini berupa pemasangan box culvert beton saluran air sebanyak tiga titik di Jalan Lintas Sumatera ruas Panjang-Bakauheni dan dua titik di Jalan Lintas Timur ruas PJR Bakauheni-Bandar Sribhawono.

Manajer Pelaksana PT Yerman Makmur Sejahtera Herwan Eka mengungkap proyek perbaikan saluran air dan jalan bernilai Rp32 miliar. Pekerjaan berupa pemasangan box culvert beton dan pengaspalan jalan sepanjang 134 kilometer. Proyek terdiri 12 segmen di ruas PJR-Bandar Sribhawono dan ruas lainnya empat segmen. Kontrak proyek berlaku sampai Desember 2022.

Wakil Ketua I DPRD Lampung Selatan Agus Sartono mengingatkan kontraktor proyek perbaikan saluran air di Jalinsum dan Jalintim Lampung Selatan wajib memasang plang atau papan nama. Pemasangan ini sebagai bentuk keterbukaan informasi.

Papan nama memberikan informasi proyek secara terbuka mengenai pekerjaan, sumber dana, waktu pelaksanaan, nilai kontrak hingga kontraktor pelaksana. Sebuah proyek tidak boleh ditutup-tutupi agar masyarakat bisa mengetahui dan menilai dengan baik.

GELLY

Berita Pilihan

berita POPULER+

TerPopuler