Peserta Antusias Ikuti Diklatsar Banser Tubaba Angkatan Ke XI -->

Peserta Antusias Ikuti Diklatsar Banser Tubaba Angkatan Ke XI

Jumat, 01 Juli 2022, Jumat, Juli 01, 2022

Pendidikan dan Pelatihan Dasar (Diklatsar) angkatan XI tersebut, juga digelar DTD Garfa Lampung Angkatan III.

Tulang Bawang Barat ( Dutamasyarakat.id)  - Para peserta antusias ikuti Diklatsar Banser yang digelar Satuan Koordinasi Cabang (Satkorcab)  Barisan Ansor Serbaguna (Banser)  Kabupaten Tubaba. Selain Pendidikan dan Pelatihan Dasar (Diklatsar) angkatan XI tersebut, juga digelar DTD Garfa Lampung Angkatan III.


Kegiatan yang berlangsung di Lapangan  Tiyuh Toto Katon kecamatan Batu Putih tersebut untuk Diklatsar Banser tersebut, dsebanyak 82 peserta dan DTP Garfa diikuti sebanyak 25 dari perwakilan PC Fatayat NU SE provinsi Lampung. Demikian diungkapkan Sekretaris PC Ansor Tubaba S.PdI mendampingi ketua PC Ansor Tubaba Sutikno S.Sos Jumat ( 1/7)2022).


Hadir dalam kegiatan tersebut, Pj Bupati Tubaba Dr. Zaidirina, SE, M.Si yang diwakili Drs.Sujatmiko Staf Ahli Bidang Kemasyarakatan SDM, PC NU diwakili Gus Hafid Subani, Syuriah Kiayi Latif Kudus, Ketua PC Ansor Tubaba Sutikno, S.Sos, Kapolsek Gunung Agung, Danramil dan Jajaran kepalo tiyuh se kecamatan Batu Putih, PAC Muslimat NU, Seluruh kader Ansor dan Banser  dan Patayat NU.


Kasat korcab Banser Tubaba Kaelani menjelaskan " Digelarnya  Diklatsar ini sebagai upaya memberi bekal pengetahuan tugas dan fungsi seorang Banser yang menjaga keutuhan NKRI.  


Dan memberikan pengetahuan keterampilan lapangan yang sesuai dengan tugas pokok dan peran Banser yaitu menjadi barisan terdepan dalam mengawal dan mengamankan ulama beserta kyai NU untuk mewujudkan keutuhan NKRI," ujarnya.


Dia mengatakan, Banser sebagai kekuatan dari GP Ansor memiliki sikap dan perilaku kesetiaan terhadap agama dan negara.


   “Disinilah pentingnya diadakan diklatsar Banser yang bertujuan meningkatkan kualitas Banser baik dari sisi Kepemimpinan, pengembangan dan pemahaman wawasan kebangsaan serta pemahaman bela negara. Selain itu, diklatsar ini meningkatkan sikap tanggung jawab dan disiplin yang tinggi.


Dengan diadakannya Diklatsar Banser, pihaknya juga berharap, Banser eksis, solid, serta mampu menjadi garda terdepan untuk pertahanan NKRI.


Dalam sambutannya ketua PC GP Ansor Tubaba memberikan arahan kepada semua calon Banser dan Garfa untuk tetap menjalankan mandat otganisasi, baik mandat agama, Ke Indonesiaan,  fan mandat sosial. Ketua PC GP Ansor Juga menekankan bahwa semua Banser dan Garfa tetap harus satu komando dan taat patuh dengan  perintah Pimpinan.


" Saya berharap semua sahabat maupun peserta harus satu komando dan patuh terhadap perintah pinpinan," ujarnya.


Sementara itu, Bupati Tubaba Zaidirina yang Diwakili Drs. Sujatmiko mengajak kader Ansor, Banser dan fatayat kiranya bisa menjadi garda terdepan dalam memperkokoh ke NU an, memperkuat bangsa dan mempertahankan NKRI. 


" Saya berharap para peserta setelah mendapatkan ilmu pasca diklatsar secara kognitif, afektif dan psikomotik dapat terbentuk,, artinya secara keilmuan, pengamalan dan perilaku menunjukan orang yang beradab," tuturnya.


Pihaknya juga berharap kepada seluruh anggota banser untuk bisa menerapkan 4 pilar kebangsaan yakni pancasila, UUD 1945, NKRI, dan Bhinneka Tunggal Ika.


" Empat pilar tersebut kiranya dapat benar-benar menopang kehidupan berbangsa dan bernegara. Sehingga NKRI menjadi negara yang bal'datun toyyibatun warobbun gofur,' Pungkasnya.( GS ).


Berita Pilihan

berita POPULER+

TerPopuler