Imron: Pancasila Harus Terus Digaungkan Anak Muda -->

Imron: Pancasila Harus Terus Digaungkan Anak Muda

Jumat, 08 Juli 2022, Jumat, Juli 08, 2022

Anggota DPRD Provinsi Lampung dari Fraksi Partai Golkar Ali Imron melakukan Sosialisasi Pembinaan Ideologi Pancasila dan Wawasan Kebangsaan di Brajaasri, Wayjepara, Lampung Timur.

INILAMPUNG, Wayjepara -- Pancasila sebagai dasar dan ideologi negara sudah teruji dan terbukti memperokoh persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia.

Karena itu, ideologi Pancasila harus terus disosialisasikan agar masyarakat tidak terpengaruh paham atau ajaran yang bertentangan dengan ideologi bangsa Indonesia.

Hal itu ditegaskan Anggota DPRD Provinsi Lampung dari Fraksi Partai Golkar, Ali Imron saat Sosialisasi Pembinaan Ideologi Pancasila dan Wawasan Kebangsaan (IPWK) di Brajaasri, Kecamatan Wayjepara, Lampung Timur, Jumat 8 Juli 2022.

Menurut Imron, pemuda harus berperan aktif menggemakan Ideologi Pancasila kepada seluruh lapisan masyarakat. "Anak muda sebagai generasi penerus tidak boleh apatis terhadap persoalan yang terjadi di masyarakat," katanya.

Di antara persoalan yang belakangan ini cukup mengkhawatirkan, menurut Imron, gencarnya berbagai paham asing yang bertentangan dengan ideologi Pancasila. Dengan makin terbukanya informasi, beragam paham negatif itu dengan mudah tersebar di masyarakat.

Kondisi tersebut, tentu, tidak bisa dibiarkan. Masyarakat harus dibentengi dengan memberikan pemahaman Ideologi Pancasila. "Tugas pemuda untuk terus menggaungkan Ideologi Pancasila di masyarakat. Agar persatuan bangsa Indonesia tetap kokoh," katanya.


Sementara narasumber sosialisasi, anggota TNI AD dari Koramil 429-07 Wayjepara, Lampung Timur, Pujiono menjelaskan tentang pentingnya melakukan pembinaan IPWK kepada masyarakat

Pada era teknologi informasi yang berkembang begitu cepat, memiliki dua sisi positif dan negatif. Positifnya, masyarakat di era digitalis adalah kemudahan memperoleh informasi  cepat.

Namun, negatifnya, masyarakat juga dengan mudah menjadi target penyebaran berita bohong atau hoaks. Bahkan, fitnah dan paham negatif atau ideologi yang bertentangan dengan Pancasila (budaya Indonesia).

Karena itu, Pujiono menegaskan pentingnya pembinaan IPWK kepada masyarakat agar menjadi benteng terhadap ideologi dan paham yang bertentangan dengan Pancasila.


Mujiono juga mengingatkan generasi muda untuk terus mengamalkan pancasila dan memperkuat wawasan kebangsaan antara lain, dengan belajar secara sungguh-sungguh dan berperilaku baik.

Sosialisasi dimoderatori Ketua Pimpinan Cabang Pemuda Muhammadiyah Wayjepara, Lampung Timur, Sepri Nur Wahidin. Diikuti para pemuda dan pelajar sekolah menengah atas, tokoh masyarakat, guru, dan aparatur desa setempat.  (mfn)


Berita Pilihan

berita POPULER+

TerPopuler