DPRD Lampung Selatan dan Disnakeswan Bahas PMK -->

DPRD Lampung Selatan dan Disnakeswan Bahas PMK

Jumat, 08 Juli 2022, Jumat, Juli 08, 2022
KALIANDA (8/7/2022) – Komisi II DPRD Lampung Selatan menggelar rapat dengar pendapat dengan Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan (Disnakeswan) di Aula Badan Anggaran DPRD, Jumat 8 Juli 2022. Rapat membahas penyakit mulut dan kuku (PMK) serta serapan anggaran semester pertama 2022.

Anggota Komisi II DPRD Lampung Selatan, Andi Apriyanto, menyoroti anggaran penyakit mulut dan kuku karena kejadian ini merupakan bencana nasional.

Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Rini Ariasih menyebut pembahasan rapat menyangkut program kegiatan serta penanggulangan penyakiut mulut dan kuku. Lampung Selatan saat ini masih bebas penyakit mulut dan kuku. 

ika petugas peternakan menerima laporan PMK maka perlu pemeriksaan Balai Veteriner di laboratorium. Laporan dugaan PMK dari peternak atau petani belum tentu benar.

Meski begitu, Dinas Peternakan dan Kesehatan sudah meminta vaksin PMK dengan jemput bola ke pusat. Persediaan vaksin ini baru 6.500 dosis. Jumlah ini tidak sebanding dengan populasi sapi di Lampung Selatan sekitar 150 ribu ekor. Stok vaksin idealnya 70 persen dari jumlah sapi.

Serapan anggaran Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Lampung Selatan selama semester pertama tahun 2022 mencapai 30 persen dari target Rp100 juta.

GELLY

Berita Pilihan

berita POPULER+

TerPopuler