Dinkes Pringsewu Keliling Kampanye Gerakan Hidup Sehat -->

Dinkes Pringsewu Keliling Kampanye Gerakan Hidup Sehat

Rabu, 06 Juli 2022, Rabu, Juli 06, 2022
Dinas Kesehatan Kabupaten Pringsewu kembali Kampanyekan Germas di Puskesmas Gadingrejo.

INILAMPUNG, Pringsewu -- Dinas Kesehatan Kabupaten Pringsewu kembali berkeliling mengkampanyekan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) secara bergilir di wilayah Puskesmas.

Kali ini di Unit Pelaksana Teknis (UPT) Puskesmas Gadingrejo. Kampanye dipusatkan di lapangan Pekon Tegalsari, Kecamatan Gadingrejo, Rabu (6-7-2022).

Sebelumnya, kegiatan serupa dilakukan di Puskesmas Kecamatan Ambarawa, lalu Puskesmas Bandungbaru, Kecamatan Adiluih pada Kamis dan Kecamatan Pagelaran Utara pada beberapa bulan sebelumnya. Setiap sosialisasi Germas selalu tampil artis ibukota Dude Hijau Daun untuk menghibur masyarakat.

Selain mengkampanyekan Germas, agenda terlebih dulu melakukan senam bersama, mendirikan beberapa stand pelayanan vaksinasi Covid-19 dan pelayanan kesehatan lainnya.

Pejabat Bupati Pringsewu Adi Erlansyah diwakili asisten Bidang Pemerintahah  dan Kesejahteraan Purhadi mengucapkan terima kasih kepada Dinas Kesehatan Kabupaten Pringsewu dan seluruh peserta Germas.

Karena kegiatan tersebut merupakan tanggung jawab bersama sekaligus bukti kepedulian dalam mengajak seluruh komponen masyarakat dengan kesadaran, kemauan dan kemampuan berperilaku sehat untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat.

Purhadi menuturkan, Germas merupakan gerakan nasional yang mengedepankan preventif tanpa mengesampingkan upaya kuratif-rehabilitatif dengan melibatkan seluruh komponen bangsa dalam memasyarakatkan paradigma sehat.

Namun untuk menyukseskan Germas tidak bisa hanya mengandalkan peran sektor kesehatan. Tetapi peran lembaga lainnya juga turut menentukan ditunjang peran serta seluruh lapisan masyarakat.

"Oleh karena itu saya menghimbau mulai dari individu, keluarga dan masyarakat agar segera mempraktekan pola hidup sehat. Saya juga berharap kepada seluruh elemen juga dapat menggerakan anggotanya untuk berperilaku sehat,"pinta Purhadi.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Pringsewu Ulinoha menambahkan, pelaksanaan Germas harus dimulai dari keluarga, karena keluarga adalah bagian terkecil dari masyarakat yang dapat membentuk kepribadian dan karakter seseorang.

Menurutnya ada tujuh langkah penting dalam program Germas itu yakni, melakukan aktivitas  fisik minimal 30 menit setiap hari, mengkonsumsi buah dan sayur setiap hari, memeriksakan kesehatan secara rutin, tidak merokok.

"Juga selalu membersihkan lingkungan, menggunakan jamban sehat dan tidak menggunakan alkohol," terangnya.

Ulinoha juga  mengharapkan program Germas semakin menggelorakan masyarakat untuk membudayakan hidup sehat salah satunya adalah dengan berolahraga. (tyo)

Berita Pilihan

berita POPULER+

TerPopuler