Diduga Gelapkan Dana Bansos Oknum Perangkat Desa Di Lamtim Dilaporkan Ke Polisi -->

Diduga Gelapkan Dana Bansos Oknum Perangkat Desa Di Lamtim Dilaporkan Ke Polisi

Sabtu, 09 Juli 2022, Sabtu, Juli 09, 2022
(Foto : Doc Polsek Way Jepara)


Lampung Timur - Warga Labuhan Ratu Baru Kecamatan Way Jepara Kabupaten Lampung Timur telah melaporkan Oknum Perangkat Desa Labuhan Ratu Baru ke polisi. Diduga PA oknum perangkat Desa tersebut, telah menggelapkan dana Bantuan Sosial (Bansos) Program Keluarga Harapan (PKH) sejak 2020.


Ropian, cucu dari mbah Sipon salah satu lansia yang merasa dana bantuannya telah digelapkan, melaporkan permasalahan tersebut ke Mapolsek Way Jepara, pada Selasa (5/7/2022) malam. Dalam laporannya, Ropian menceritakan kasus itu terjadi pada Senin (4/7/2022). PA meminta nomor PIN dan kartu ATM Bank Mandiri salah satu lansia penerima PKH dengan alasan untuk mengecek saldo.


Setelah beberapa hari kemudian, PA mengembalikan kartu ATM dan mengatakan bahwa dana PKH belum masuk rekening.


Saya tidak percaya begitu saja. Lalu, ke kantor Bank Mandiri untuk mengecek rekening nenek saya dan meminta print out," papar Ropian Kamis (7/7/2022).


Dari print out rekening koran itu diketahui ada dana masuk rekening pada 5 Maret dan 13 April 2022 masing-masing Rp600 ribu.


"Selain itu, ada dana keluar Rp1.185.000 pada 18 April," Sambungnya.


Kemudian, Ropian mendapat kabar langsung dari penerima PKH bahwa terdapat 12 orang lansia yang mengalami kasus serupa.


"Mereka mengatakan tidak menerima bantuan PKH sejak 2020. Memang pelaku setiap bulan kerap meminta PIN dan kartu ATM para lansia," ungkapnya.


Sementara itu dilain pihak Kapolres Lampung Timur AKBP Zaky Alkazar Nasution melalui Kapolsek Way Jepara AKP Jalaludin membernarkan peristiwa tersebut saat dikonfirmasi tim lampost.co, Jum'at (8/7/2022).


"Hingga saat ini kami masih dalam proses penyelidikan, karenakan baru kemarin kami menerima laporannya," ujarnya


"Setelah kami lidik, maka nanti akan di gelar di Polres, nanti baru setelah hasil gelar, apakah nantinya Polsek atau Polres yang akan menangani kasus tersebut," pungkasnya.


Dirinya juga menyatakan sudah ada puluhan lansia yang merasa dirugikan dari permasalahan itu.


"Dari informasi yang kami terima terdapat 12 orang lansia yang merasa dirugikan atas kejadian tersebut," tukasnya.(Arman Suhada/Ck9).



Ropian Warga Labuhan Ratu Baru saat melaporkan Oknum Perangkat Desa Ke Mapolsek Way Jepara atas dugaan Penggelapan dana Bantuan Sosial (Bansos) Program Keluarga Harapan (PKH) pada Selasa 5 Juli 2022 malam.

Berita Pilihan

berita POPULER+

TerPopuler