Berdayakan UMKM Muslimah, Wanita Islam Luncurkan Jariyah Fund -->

Berdayakan UMKM Muslimah, Wanita Islam Luncurkan Jariyah Fund

Kamis, 07 Juli 2022, Kamis, Juli 07, 2022
 Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan pada puncak perayaan Milad ke-60 Wanita Islam di Gedung Nusantara V Komplek DPR RI Jakarta.

INILAMPUNG, Jakarta -- Wanita Islam kembali melakukan terobosan dalam pemberdayaan usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) dengan meluncurkan program Jariyah Fund.

Program untuk para UMKM Muslimah itu diluncurkan oleh Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan pada puncak peringatan Milad Ke-60 Wanita Islam yang digelar di Gedung Nusantara V Komplek DPR-RI Jakarta pada Sabtu 2 Juli 2022.

Perayaan ini dihadiri lebih dari 500 pimpinan dan anggota Wanita Islam dari Sabang sampai Merauke. Hadir juga ketua Kowani dan pimpinan organisasi Muslimah tingkat pusat.  

Menurut Ketua Umum Pimpinan Pusat (PP) Wanita Islam, Marfuah Musthofa, program Jariyah Fund bertujuan untuk pemberdayaan UMKM Muslimah dengan layanan tanpa riba, tanpa denda (no riba, no denda).

“Jariyah Fund merupakan program swadana, swakelola dan swasembada untuk memberikan solusi bagi UMK untuk naik kelas tanpa riba tanpa denda,” jelas Marfuah.

Sebelum itu, Wanita Islam juga memiliki program Gerakan Wakaf Uang Online. Program ini tercatat dalam Rekor MURI atas kategori Waqaf Uang Serentak secara Daring Pertama menggunakan QRIS.

"Alhamdulillah, Pimpinan Pusat Wanita Islam telah lulus Nazhir bersertifikat dari Badan Wakaf Indonesia (BWI) sehingga Bunda Wakaf Wanita Islam bisa dikelola secara mandiri. Diharapkan, ke depan dapat memiliki pendanaan yang kuat dan meningkatkan perekonomian masyarakat," jelasnya.

Bunda Wakaf Wanita Islam diundang dalam event G20 untuk mempresentasikan Bunda Wakaf sebagai salah satu solusi untuk menggerakkan UMKM yang bebas riba.

Mengingat begitu penting dan luasnya manfaat dari program Bunda Wakaf dan Jariyah Fund, maka tugas sebagai Duta Wakaf harus terus semangat untuk melakukan literasi dan edukasi wakaf kepada anggota  Wanita Islam dan masyarakat  luas.

Pada tahap berikutnya, masyarakat tercerahkan dan memahami bahwa wakaf bisa menjadi kekuatan ekonomi masyarakat Indonesia, jika dilakukan dengan penuh amanah dan tanggung jawab.

Selanjutnya dikatakan, sudah 60 tahun Wanita Islam berkiprah dan berkhidmat untuk negeri. Wanita Islam sebagai salah satu organisasi wanita di Indonesia berada di 34 provinsi yang terdiri dari pengurus pusat sampai ranting.

Menyambut Milad ke-60, Wanita Islam melakukan berbagai kegiatan. Seperti literasi dan edukasi Bunda Waqaf, Lomba Vlog Bunda Wakaf, Lomba Paduan Suara serta Lomba Video Profil Lembaga. Pada acara puncak Milad 60 tahun, Wanita Islam memberikan penghargaan Ayah dan Bunda Teladan.

Marfuah berharap, eksistensi Wanita Islam terus berkelanjutan dengan program yang nyata di tengah masyarakat. (mfn)

Berita Pilihan

berita POPULER+

TerPopuler