Arus Mudik Lebaran Haji Naik Tipis di Bakauheni dan Merak -->

Arus Mudik Lebaran Haji Naik Tipis di Bakauheni dan Merak

Sabtu, 09 Juli 2022, Sabtu, Juli 09, 2022
BAKAUHENI (9/7/2022) -  Arus mudik Lebaran Idul Adha di Pelabuhan Merak dan Bakauheni melonjak tipis pada tiga hari terakhir, Kamis, Jumat, dan Sabtu, 9 Juli 2022. Peningkatan terutama terjadi untuk pejalan kaki dan kendaraan roda empat.

Kementerian Perhubungan dan PT ASDP Bakauheni memperkirakan arus balik, terutama dari Pelabuhan Bakauheni,  terjadi pada Minggu, 10 Juli 2022. Namun, keduanya memastikan tidak akan menimbulkan penumpukan karena kenaikan arus mudik rata-rata per hari selama tiga hari terakhir hanya 10 persen dari total penumpang pada hari biasa.

Kepala BPTD Bengkulu Lampung Sigit Mintarso, Sabtu, 9 Juli 2022, mengatakan pihaknya melihat peningkatan arus mudik Idul Adha pada Tahun 2022 lebih lama dari biasanya karena warga melaksanakan shalat Idul Fitri di dua hari yang berbeda, Sabtu, dan Minggu, 9 dan 10 Juli 2022.

Sigit juga menyebut liburan anak sekolah juga menjadi penyebab lain peningkatan tipis arus penumpang dari Bakauheni atau dari Merak. Namun, jumlahnya dinilai normal jika dibandingkan dengan liburan lainnya, terutama sebelum pandemi covid-19.

Dari sisi teknis penyeberangan,  Suharto, GM ASDP Bakauheni, mengatakan arus mudik hanya berlangsung tiga hari dari Merak dan sehari dari Bakauheni. Dengan 60 kapal roro, peningkatan jumlah penumpang dan kendaraan seperti normal.

Suharto mengatakan, selain menyiapkan 60 kapal roro,  Pelabuhan Bakauheni melayani kendaraan dan penumpang dengan 12 loket dan 21 mesin tiket otomatis, untuk mengindari penumpukan di jalan pintu masuk atau terminal.

GM ASDP itu juga menyebut tidak ada larangan bagi truk untuk menyeberang pada saat musim mudik Lebaran Haji, tetapi petugas membuat skala prioritas jika terjadi penumpukan kendaraan roda empat.

ROY SHANDI

Berita Pilihan

berita POPULER+

TerPopuler