Ribuan Warga Sambut Meriah Pembukaan Krui Fair 2022 -->

Ribuan Warga Sambut Meriah Pembukaan Krui Fair 2022

Sabtu, 11 Juni 2022, Sabtu, Juni 11, 2022
Bupati Pesisir Barat, Agus Istiqlal melepas balon pada pembukaan Krui Fair 2022.

INILAMPUNG, Krui -- Setelah sempat absen dua tahun akibat pandemi Covid-19, Pemkab Pesisir Barat kembali menggelar Krui Fair 2022 di Lapangan Pekon Pelitajaya Kecamatan Pesisir Selatan.

Kegiatan untuk memperingati hari ulang tahun (HUT) Ke-9 Kabupaten Pesisir Bara itu dibuka Bupati Agus Istiqlal pada Jumat 10 Juni 2022 sekitar pukul 22.00 WIB.

Pembukaan Krui Fair Tahun 2022 bertema "Spriti Of Krui, Pulih Bersama Bangkit Bersama" itu dihadiri Wakil Bupati A. Zulqoini Syarif, Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Pesibar, Septi Istiqlal, Asisten II Bidang Perekonomian dan Pembangunan Pemprov Lampung, Kusnadi.

Juga hadir, perwakilan Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Nasdem, Bupati Kaur Provinsi Bengkulu yang diwakili Kepala Dinas Pariwisata (Dispar), anggota DPRD da para kepala dinas/instansi setempat.

Pembukaan Krui Fair Tahun 2022 berlangsung meriah. Dengan suguhan beberapa rangkaian tari-tarian khas Krui dan peluncuran Sinjang (Sarung) Krui. Ribuan warga yang menyaksikan menyambut dengan tepuk tangan meriah.

Gubernur Lampung, Arinal Djunaidi, yang diwakili Asisten II Bidang Perekonomian dan Pembangunan, Kusnadi, mengatakan Pemprov Lampung menyambut baik kegiatan Krui Fair 2022.

"Terlebih pasca pandemi Covid-19 merupakan kabupaten pertama di Lampung yang menghelat pameran. Pemprov Lampung mengapresiasi pelaksanaan Krui Fair 2022 dalam upaya mempromosikan potensi daerah, mengembangkan kesejahteraan, dan memaparkan program pembangunan pemkab setempat," kata Kusnadi

"Karena Pesibar adalah kabupaten termuda di Provinsi Lampung, maka saya ingin sedikit menggambarkan bahwa kabupaten lain adalah masa lalu dan masa sekarang, tapi kalau Pesibar masa sekarang dan masa depan serta harapan," kata Kusnadi mengakhiri sambutannya.

Sementara Bupati Agus bahwa penyelenggaraan Krui Fair merupakan salah satu upaya Pemkab Pesibar dalam menyampaikan perkembangan pembangunan di Pesibar. "Selain dari itu pentingnya melestarikan, mengembangkan, serta memperkenalkan kekayaan yang ada di Pesibar ke ruang lingkup yang lebih luas," ujar Agus.

Meski begitu, Agus menegaskan hal yang tidak kalah pentingnya adalah dalam kegiatan Krui Fair, masyarakat juga mendapatkan pelayanan publik dari pemkab setempat.

Dalam momen Krui Fair kali ini masyarakat dapat menikmati semua rangkaian acara dan memberikan masukan dalam pelaksanaan Krui Fair Tahun 2022 dengan tujuan semakin baik kedepannya. "Dengan upaya tersebut diharapkan kekayaan alam dan budaya yang ada di kabupaten pesisir barat akan terus eksis dan berkembang ditengah-tengah gempuran budaya dari mancanegara," lanjut Agus

Dalam momen itu, orang nomor wahid itu juga berharap masyarakat dan semua pihak bersama-sama berkomitmen menjaga budaya dan kesenian lokal. "Dengan demikian, sekalipun zaman yang semakin maju ini, budaya dan kesenian kita tetap eksis bahkan mampu menjadi daya tarik bagi wisatawan mancanegara untuk berkunjung dan menikmatinya," jelas Agus.

"Saya mengharapkan agar segenap masyarakat terus berkarya dan berpartisipasi menunjukkan kreatifitas dan inovasinya. Seni budaya yang menjadi jati diri masyarakat Pesibar dapat terus eksis ditengah kemajuan masyarakat global," sambungnya.

Lebih jauh Agus memaparkan Pesibar merupakan kabupaten paling bungsu di Lampung. Untuk itu masih banyak yang harus dibenahi, pembangunan infrastruktur gedung pemerintahan daerah hingga kini terus berjalan, hal itu senada dengan tema kegiatan kita "Spirit Of Krui". "Setelah selesainya pembangunan gedung perkantoran Pemkab Pesibar diharapkan bisa menjadi salah satu tujuan objek wisata bagi masyarakat sekitar maupun masyarakat luar," tukas Agus. (Eva)

Berita Pilihan

berita POPULER+

TerPopuler