Harga Kebutuhan Pokok Terus Bergerak Naik di Tulangbawang -->

Harga Kebutuhan Pokok Terus Bergerak Naik di Tulangbawang

Kamis, 23 Juni 2022, Kamis, Juni 23, 2022
MENGGALA (23/6/2022) -  Sejumlah harga kebutuhan pokok terus naik di beberapa pasar tradisional Tulangbawang. Cabai merah menembus 90 ribu, cabai rawit 82 ribu,  bawang merah 55 ribu, bawang putih 22 ribu, dan harga telur 30 ribu.

Kenaikan harga cabai paling fantastis karena melonjak lebih dari dua kali lipat dari harga sebelumnya 40 ribu perkilogram.  Sedangkan harga bawang merah, bawang putih, dan telur, naik antara 50 hingga 100 persen.

Endang, seorang pedagang di Menggala, Tulangbawang, mengatakan harga kebutuhan pokok terus bergerak pada Tahun 2022, dengan alasan musim hujan, kemarau, atau gagal panen. Jika panen tiba, harga menurun sedikit, tetapi tidak bisa normal lagi, seperti harga Tahun 2021.

Erwan Hadi, sekretaris Dinas Ketahanan Pangan Tulangbawang, mengakui harga kebutuhan pokok di luar beras terus naik di empat pasar besar di kabupaten tersebut. 

Selain karena musim hujan, Erwan melihat kenaikan harga kebutuhan pokok terjadi karena permintaan meningkat setelah pandemi covid-19 melandai. Meski ada juga yang disebabkan harga pakan naik, seperti telur.

Sekretaris Dinas Ketahanan Pangan itu juga menyebut, khusus cabai dan bawang, pedagang memperolehnya dari Metro dan Lampung Tengah. Tidak ada sentra tanaman tersebut di Tulangbawang.

MAULANA IBRAHIM

Berita Pilihan

berita POPULER+

TerPopuler