Paman Birin Minta Pusat Kabulkan Usulan Datu Kalampayan Pahlawan Nasional -->

Paman Birin Minta Pusat Kabulkan Usulan Datu Kalampayan Pahlawan Nasional

Kamis, 12 Mei 2022, Kamis, Mei 12, 2022

Bbs-news.id, Banjarmasin - Gubernur Kalsel H.Sahbirin Noor, mengatakan kebahagiaan  yang luar biasa, saat berdampingan dengan para habib dan ulama, sambil mengenang sosok ulama yang memiliki peran besar dalam sejarah perkembangan Islam di Kalsel khususnya, pada Haul Akbar Datu Kelampayan yang ke 216 .

Paman Birin, begitu Gubernur Kalsel in dipanggil, sangat berterima kasih dengan kehadiran para habib dan ulama serta ribuan masyarakat, dalam kegiatan Haul  Ganal ke-216 Al Alimul Al Allamah Al Arif Billah Al Bahrul Ulum Al Waliyullah Quthb Akwan Asy Syekh Sayyidil Habib Al Mukarram Maulana Muhammad Arsyad Bin Habib Abdullah Al Hindi atau Datu Kalampayan, di Mahligai Pancasila Banjarmasin Kamis (12/05/2022).

“Kita semua berharap kegiatan seperti ini bisa terus berlanjut, termasuk haul untuk ulama Muhammad Zaini bin Abdul Ghani Al-Banjari atau Guru Sekumpul dan lainnya.Pada momen ini pula kita berharap usulan gelar Pahlawan Nasional kepada Syekh Muhamad Arsyad Al-Banjari dikabulkan Pemerintah Pusat,” kata Paman Birin saat memberikan sambutan dalam Haul  Ganal ke-216 Syekh Muhammad Arsyad Al-Banjari.


Peringatan Haul Ganal ke-216 Al Alimul Al Allamah Al Arif Billah Al Bahrul Ulum Al Waliyullah Quthb Akwan Asy Syekh Sayyidil Habib Al Mukarram Maulana Muhammad Arsyad Bin Habib Abdullah Al Hindi atau Datu Kalampayan berlangsung lancar dan khidmat.


Ribuan warga bersama sejumlah ulama dan tokoh masyarakat memadati kawasan Jl, R Suprapto dan gedung Mahligai Pancasila Banjarmasin.Jamaah atau warga yang hadir tak hanya berasal dari Banjarmasin, Banjarbaru, Kabupaten Tanah Laut, Kabupaten Banjar, Barito Kuala saja, namun juga ada dari wilayah Hulu Sungai, Balangan Kabupaten Tabalong, hingga Kalimantan Tengah dan Kalimantan Timur.

Sejumlah warga pun menyambut antusias kegiatan Haul Akbar ke-216 Syekh Muhammad Arsyad Al-Banjari. Sejak pagi mereka berbondong-bondong datang menghadiri langsung Haul Akbar tersebut.

“Alhamdulillah, kami sangat bersyukur bisa menghadiri acara Haul Akbar Syekh Muhammad Arsyad Al-Banjari. Mudah-mudahan tahun depan diselenggarakan kembali di Banjarmasin, selain di Kabupaten Banjar.Melalui kegiatan ini kita bisa meneladani perilaku dan perbuatan beliau untuk kebaikan umat dan masyarakat di Kalsel,” ujar Arya warga Martapura yang hadir bersama sejumlah temannya ke Banjarmasin.

Hal senada diungkapkan Saimah warga Kandangan, yang jauh-jauh bersama sang adik ke Banjarmasin. Dirinya mengaku bersyukur bisa hadir bersama ribuan jamaah yang memadati kawasan Jalan R Suprapto. Meskipun tak bisa langsung masuk ke dalam gedung Mahligai, dirinya sangat senang. Apalagi tim panitia menyambut ramah semua jamaah termasuk dirinya. 

“Alhamdulillah, kami disambut sangat ramah, bahkan tadi ada Bapak-bapak yang memberikan nasi bungkus serta minuman segar kepada para jemaaah di sela-sela kegiatan haulan ini,” terang Saimah (Andra).

Berita Pilihan

berita POPULER+

TerPopuler