Kekiceran, Festival Tari Muda-mudi Saat Idulfitri di Pesisir Barat -->

Kekiceran, Festival Tari Muda-mudi Saat Idulfitri di Pesisir Barat

Rabu, 04 Mei 2022, Rabu, Mei 04, 2022
 Kekiceran, festival tari yang digelar pada saat Idulfitri di Pesisir Barat.

INILAMPUNG, Krui -- Bupati Pesisir Barat Agus Istiqlal bersama istri, Septi Istiqlal menghadiri acara kakiceran di Pekon  Bandarpugung Kecamatan Lemong, Selasa (3-5-2022).

Kakiceran merupakan festival tari muda-mudi untuk merayakan Idulfitri itu digelar pada 2 Syawal 1443 Hijiriah.

Dalam sambutannya, Agus Istiqlal menyampaikan setelah dua tahun tidak ada kekiceran, kini kegitan untuk menjalin silaturahmi itu, kembali digelar. Masyarakat diingatkan untuk tetap waspada dengan menjaga protokol kesehatan.

Kakiceran merupakan tradisi yang masih di pertahankan hingga saat ini. Tradisi ini tidak hanya menjadi kebanggaan masyarakat Pugung.  Tetapi telah menjadi bagian dari masyarakat Pesisir Barat. Sebagai ajang silaturahmi untuk mempererat persaudaraan.

Tradisi atau budaya kakiceran hanya diselenggarakan oleh dua kecamatan di Pesisir Barat. Kecamatan Lemong dan Kecamatan Pesisir Utara. Secara adat tradisi kakiceran di selenggarakan oleh tiga marga yang dikenal juga dengan sebutan Marga Pugung Tampak, Marga Pugung Penengahan, dan Marga Pugung Malaya.


Kakiceran sebagai ajang silaturahmi saat Idulfitri. Kakiceran diselenggarakan mulai dari satu syawal sampai tujuh syawal acara berlangsung dari pukul 22:00 wib hingga selesai. Setiap malamnya acara kakiceran berlangsung di tiga tempat dari tiga marga. Dari tiga marga tersebut setiap Pekon menjadi tuan rumah.

Secara simbolis, Ketua Umum Dewan Kesenian Pesisir Barat Septi Istiqlal menyerahkan seekor kambing keapda Karang Taruna Pekon Bandarpugung Kecamatan Lemong.

Tampak hadir, Anggota DPRD Kab.Pesisir Barat Zulkifli Rohman, para pejabat pemerintah, tokoh agama, tokoh masyarakat, dan masyarakat setempat. (eva)


Berita Pilihan

berita POPULER+

TerPopuler