Beberapa Daerah Krisis Air Mulai Teratasi -->

Beberapa Daerah Krisis Air Mulai Teratasi

Rabu, 18 Mei 2022, Rabu, Mei 18, 2022

Bbs-news.id, Banjarmasin  -  PDAM Bandarmasih terus berupaya melakukan peningkatan dalam pelayanan pendistribusian air bersih kepada para pelanggan, salah satunya dengan peningkatan tekanan pompa pendistribusian air bersih, khususnya untuk daerah Kecamatan Banjarmasin Barat.

Sebelumnya, tekanan pompa hanya berada dikisaran 2,65 Atm saja, namun hal tersebut tidak dapat memenuhi kebutuhan air bersih bagi para pelanggan yang berada di kawasan ujung jaringan.

Oleh sebab itu, pihak PDAM Bandarmasih berupaya menaikkan tekanannya secara bertahap, menjadi 2,70 Atm, kemudian dinaikkan lagi ke 2,75 Atm, kemudian berangsur naik ke 2,80 Atm, sampai kemarin dinaikkan lagi ke 2,90 Atm.

“Untuk tekanan sudah kita naikkan menjadi 2,90 Atm. Walaupun dengan resiko yang cukup tinggi, namun demi kelancaran pendistribusian air bersih kepada para pelanggan, akan tetap kita upayakan lebih baik lagi,” ujar Manager TRD I PDAM Bandarmasih, Offilie Muda S.E, M.M, Rabu (18/5/2022) pagi.

Karena dari pengalaman sebelumnya, apabila tekanan pompa dinaikkan, ada kemungkinan menyebabkan pipa di lapangan menjadi bocor dan bahkan pecah.

Untuk mengantisipasi hal tersebut, ungkap Offilie, pihaknya melakukan pengecekan secara intens terhadap pipa-pipa yang ada di lapangan, terutama pipa primer.

“Saat kami naikan ke tekanan 2,9 Atm, Tim di lapangan melakukan patroli hingga 3 kali di lapangan, untuk memantau kondisi pipa, seperti pemeriksaan palep pipa dan juga melakukan pembuangan angin, takutnya masih ada angin yang terjebak di dalam pipa,” ungkap Offilie.

Dia menjelaskan, karena kalau sampai ada angin yang masih terjebak di dalam pipa, mengakibatkan pipa menjadi rawan pecah. Jadi bukan bocor lagi yang terjadi, melainkan pipa pecah.

Dia juga membeberkan, setelah dinaikkan tekanannya, sudah mulai ada peningkatan, untuk saat ini beberapa daerah kritis yang sebelumnya tidak mengalir, sekarang sudah mulai mengalir, walaupun bisa untuk keseluruhan.

“Jadi pagi ini kami akan kembali membenahi jaringan yang ada di kawasan Kuin Cerucuk, untuk melanjutkan pengoptimalan jaringan, agar pendistribusian air bersih bisa segera lancar,” bebernya.

Offile juga berharap, dengan dilakukannya pembenahan jaringan di lapangan dan juga dinaikkannya tekanan pompa, distribusi air bersih bisa segera lancar ke seluruh wilayah, khususnya daerah Kecamatan Banjarmasin Barat.

“Semoga untuk pelanggan yang berada di kawasan ujung jaringan bisa dapat teraliri air bersih,” pungkasnya. (juns/Andra)

Berita Pilihan

berita POPULER+

TerPopuler