Bantu Pemulihan Ekonomi, Pemdes Bolo Salurkan BLT DD Tahap IV -->

Bantu Pemulihan Ekonomi, Pemdes Bolo Salurkan BLT DD Tahap IV

Senin, 09 Mei 2022, Senin, Mei 09, 2022


Jawapes, MADIUN - Upaya pemerintah desa Bolo, Kecamatan Kare, Kabupaten Madiun dalam membantu warganya untuk pemulihan ekonomi pasca pandemi Covid 19, maka melaksanakan penyaluran BLT DD Tahap ke IV Bulan April  dan Mei sebesar Rp600 ribu kepada 81 KPM, bertempat di balai desa setempat, Senin (9/5/2022).


BLT Desa disalurkan setiap triwulan sesuai dengan jumlah KPM yang telah diinput. Lalu nilai nominal penyaluran BLT Desa setiap bulannya per KPM menerima Rp300.000. 


Dasar kegiatan telah diatur dalam Peraturan Presiden (Perpres) RI Nomor 104 Tahun 2021, yaitu mengatur penggunaan dana desa dan mengamanahkan pemerintah desa mengalokasikan 40 persen untuk bantuan langsung tunai (BLT).


Seluruh KPM yang datang mematuhi himbauan untuk menjalankan protokol kesehatan, seperti memakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak. Lal UU proses penyaluran BLT DD berjalan secara teratur dan kondusif. Dalam pelayanannya, perangkat desa Bolo  turut aktif membantu KPM dalam proses pencairan BLT DD. Dikarenakan memang pada umumnya KPM BLT DD ini merupakan orang tua dan atau lansia.


Jaka Mianto, S.Hut Kepala Desa Bolo mengatakan bahwa hari ini telah dibagikan BLT DD bulan April dan Mei sebesar Rp 600 ribu kepada 81 KPM yang belum dapat jaring pengaman sosial dari pemerintah di semua tingkatan, dan juga bagi keluarga miskin yang terdampak pandemi Covid-19.


"KPM penerima BLT DD ini yang belum tercover jaringan pengaman sosial dari pemerintah baik PKH,BPNT, dan keluarga miskin akibat Covid 19," jelas Kades  Bolo


Kades Jaka Mianto menambahkan 81 KPM ini sudah berdasarkan dari hasil Musyawarah Desa dengan ketentuan alokasi 40 persen dari pagu Dana Desa. Dirinya berharap semoga pandemi segera berakhir kembali normal. Ia menghimbau kepada warga penerima BLT DD supaya dapat memanfaatkan bantuan BLT DD untuk kebutuhan yang lebih bermanfaat serta tetap menjaga perilaku hidup sehat.


"Gunakan sesuai kebutuhan dan tetap jaga prokes,"pungkas Kades Bolo (bun)

Berita Pilihan

berita POPULER+

TerPopuler