7 Pasangan Cagub-Cawagub NTB Pilkada 2024 Versi Netizen -->

7 Pasangan Cagub-Cawagub NTB Pilkada 2024 Versi Netizen

Minggu, 22 Mei 2022, Minggu, Mei 22, 2022
Pasangan pilihan netizen./Ilustrasi. 

Pilgub NTB 2024 masih cukup lama, namun tensi politik mulai menghangat pertengahan 2022 ini.


Netizen dunia maya dan pemilih pemula pun mulai menggadang-gadang calon Gubernur dan calon Wakil Gubernur NTB yang dinilai kuat di Pilkada NTB 2024 mendatang.


Tujuh pasangan kuat tersebut antara lain :


1. Zul-Rohmi


Dr H Zulkieflimasnyah - Dr Hj Sitti Rohmi Djalilah.

Pasangan Zul-Rohmi sudah tak asing bagi masyarakat Nusa Tenggara Barat (NTB). Dr H Zulkieflimansyah dan Dr Hj Sitti Rohmi Djalillah saat ini masih menjabat Gubernur dan Wakil Gubernur NTB, setelah berhasil memenangkan pemilihan pada 2018 silam.


Rekam kinerja Zul-Rohmi cukup baik memasuki empat tahun kepemimpinan mereka di NTB. Meski dibebani PR pasca bencana gempa bumi Lombok 2018, disusul pandemi Covid-19 sejak awal 2020, Zul-Rohmi tetap mampu menggerakan program-program unggulannya menuju NTB Gemilang.


Menerapkan kepemimpinan transparan dan terbuka, Zul-Rohmi berhasil membuka akses publik ke pemerintahan. Keduanya juga termasuk media darling dan aktif bermedia sosial.


Hal ini membuat Zul-Rohmi ibarat tanpa jarak dengan masyarakat NTB, khususnya pengguna media sosial.


Dr Zul merupakan politisi PKS yang pernah menjabat anggota DPR RI dalam tiga periode, sementara Ummi Rohmi ialah petinggi di organisasi terbesar di daerah ini, NWDI, sekaligus Ketua Partai Nasdem Provinsi NTB.


Pasangan Zul-Rohmi diprediksi kembali maju di Pilkada NTB 2024, dan mengantungi kans kemenangan cukup besar.



2. SUKA 


HM Suhaili FT - HM Sukiman Azmy.


Pasangan H Suhaili FT dan HM Sukiman Azmy (SUKA). Ada juga yang mengidiomkan dengan pasangan SuSu.


H Suhaili FT merupakan mantan Bupati Lombok Tengah yang berkuasa selama dua periode. Keberhasilannya membangun daerah Tatas Tuhu Trasna membuat nama harumnya masih melekat bagi masyarakat Lombok Tengah dan sekitarnya.


Sedangkan HM Sukiman Azmy merupakan Bupati Lombok Timur saat ini. Sukiman juga menjabat Bupati Lotim untuk dua periode terpisah jeda. Keberhasilannya membangun Lombok Timur, termasuk saat melewati pandemi Covid-19 membuat nama Sukiman makin kuat digadang maju di Pilkada NTB 2024. 


Secara politik, Suhaili adalah tokoh partai Golkar di NTB. Pernah menjabat Ketua DPRD NTB dan sekaligus Ketua DPD Partai Golkar Provinsi NTB. Sedangkan Sukiman bakal didukung Partai Demokrat.



3. BARA


H Bambang Kristiono - H Rachmat Hidayat.

Pasangan H Bambang Kristiono - H Rachmat Hidayat (BARA) termasuk pasangan yang ramai diperbincangkan. Keduanya merupakan tokoh partai Gerindra dan PDI-Perjuangan, yang saat ini sama-sama menjabat sebagai anggota DPR RI.


H Bambang Kristiono atau kerab disapa HBK merupakan anggota DPR RI dapil Pulau Lombok yang terpilih dalam Pemilu 2018 silam.


Nama HBK makin populer bagi masyarakat NTB dengan garakan sosialnya melalui wadah HBK Peduli. Petinggi Partai Gerindra yang juga orang dekat Prabowo Subianto ini juga membangun klub sepakbola Lombok FC.


Sementara H Rachmat Hidayat adalah Ketua DPD PDI Perjuangan Provinsi NTB. Menjabat anggota DPR RI untuk periode kedua, nama Rachmat Hidayat juga tak kalah populer.


Pasangan BARA digadang maju di Pilkada NTB 2024. Duo politisi gaek ini dinilai memiliki potensi kuat dalam pemilihan kelak.



4. LIDAH


HM Ali BD - Hj Indah Damayanti Putri.

Pasangan selanjutnya adalah pasangan HM Ali bin Dachlan dan Hj Indah Damayanti Putri (LIDAH).


Ali bin Dachlan adalah mantan Bupati Lombok Timur untuk dia periode terjeda. Di NTB Ali BD merupakan tokoh ternama dan disegani. 


Kedekatannya dengan masyarakat tak perlu diragukan. Pemikiran dan ide-ide kritis dan konstruktifnya juga kerab dijadikan acuan dalam pembangunan daerah ini.


Sementara Indah Damayanti Putri adalah Ketua DPD Partai Golkar Bima yang saat ini masih menjabat Bupati Bima.


Mewakili keterwakilan perempuan, Bupati yang menjalankan pemerintahannya dengan pola humanis ini, bisa memperkuat Ali BD dalam Pilkada NTB 2024.



5. GALI


HL Gita Ariadi - Ali Al Khairi.

Pasangan HL Gita Ariadi dan Ali Al-Khairy (GALI).


Gita Ariadi merupakan birokrat senior yang saat ini menjabat sebagai Sekretaris Daerah Provinsi NTB. Karir moncernya sejak era Gubernur Serinata, TGB, dan Dr Zul, menjadi modal cukup kuat untuk maju di Pilkada NTB 2024.


Sedangkan Ali Al-Khairi adalah aktivis ternama di NTB yang kini menjabat Sekretaris Partai Gerindra Provinsi NTB. Ali juga pemenang mandat Calon Gubernur NTB dari partai Gerindra.


Pasangan GALI juga digadang maju dalam Pilkada NTB 2024.



6. MOMO


H Mohan Roliskana - H Mori Hanafi.


Pasangan selanjutnya adalah H Mohan Roliskana dan H Mori Hanafi (MOMO). Ini pasangan muda ideal.


Mohan Roliskana merupakan Ketua Partai Golkar Provinsi NTB yang juga menjabat Walikota Mataram.


Kepemimpinan Mohan tak perlu diragukan. Pernah menjabat Wakil Walikota Mataram untuk dua periode dan kini menjadi orang nomor satu di Kota Mataram, Mohan berhasil merubah wajah Kota Mataram, ibukota NTB.


Sementara Mori Hanafi merupakan kader unggulan Partai Gerindra NTB yang saat ini menjabat Wakil Ketua DPRD NTB. Ia juga menjabat Ketua PSSI NTB sekaligus Ketua KONI NTB.


Pasangan MOMO dinilai menjadi magnet bagi pemilih pemula dalam Pilkada NTB 2024 mendatang.



7. PARI


HL Pathul Bahri - HW Musyafirin.


Pasangan terakhir adalah HL Pathul Bahri - HW Musyafirin (PARI).


HL Pathul Bahri adalah Ketua DPD Partai Gerindra NTB yang kini menjabat sebagai Bupati Lombok Tengah. 


Pernah menjabat Wakil Bupati Lombok Tengah, dan kini menjadi orang nomor satu di Lombok Tengah membuat Pathul Bahri makin kesohor.


Mampu merubah Lombok Tengah lebih maju, dengan ikon Mandalika, Pathul juga dikenal sangat merakyat dan selalu turun ke lapangan.


Sedangkan HW Musyafirin adalah Bupati Sumbawa Barat, untuk dua periode. Soal dukungan masyarakat, tak diragukan. Musyafirin tanpa lawan dalam pemilihan Kada Sumbawa Barat. Ia menang mutlak melawan kotak kosong.


Kolaborasi dua Kepala Daerah Kabupaten ini, juga digadang maju dalam Pilkada NTB 2024.


Konon, PARI dinilai bisa jadi kuda hitam di tengah kompetisi 2024 mendatang. 


Berita Pilihan

berita POPULER+

TerPopuler