Yonmarhanlan I Mengikuti Apel Gelar Pasukan di Lantamal -->

Yonmarhanlan I Mengikuti Apel Gelar Pasukan di Lantamal

Minggu, 10 April 2022, Minggu, April 10, 2022



METROINDO.CO.ID | BELAWAN - Guna mengantisipasi situasi dan kondisi keamanan yang berkembang di wilayah Sumatera Utara, Batalyon Marinir Pertahanan Pangkalan (Yonmarhanlan) I bersama Lantamal I mengikuti apel gelar pasukan yang dipimpin Komandan Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Danlantamal) I Belawan Laksamana Pertama TNI Johanes Djanarko Wibowo, bertempat di Lapangan Apel Markas Komando Lantamal I Jl.Serma Hanafiah Belawan, Minggu, (10/4/2022). 


Pelaksanaan apel gelar pasukan ini juga menindaklanjuti perintah harian dari Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono yakni jaga kepercayaan negara dan rakyat kepada TNI Angkatan Laut melalui kerja nyata yang bermanfaat bagi institusi, masyarakat, bangsa dan negara.


Dalam sambutannya Komandan Lantamal I menyampaikan bahwa tujuan dari Apel gelar pasukan ini adalah untuk mengecek sejauh mana kesiapan seluruh prajurit Lantamal I dalam rangka mengantisipasi dan menghadapi aksi unjuk rasa yang akan dilaksanakan serentak pada hari Senin, 11 April 2022. 




"Selain itu, pelaksanaan gelar pasukan ini juga berdasarkan instruksi langsung dari Panglima TNI Jenderal TNI Andika Perkasa bahwa semua jajaran TNI di seluruh Indonesia baik kewilayahan dan satuan tempur untuk siaga dan menyiapkan standby force yang sewaktu-waktu dapat digerakkan berdasarkan permintaan dari kepolisan guna mengantisipasi adanya gerakan unjuk rasa," ujar Danlantamal I 


Lebih lanjut Danlantamal I mengingatkan sekaligus menekankan bahwa dalam pelaksanaannya nanti, setiap prajurit harus tetap bersifat persuasif dan humanis serta kekeluargaan.




"Kita akan melaksanakan tugas sesuai Tupoksi kita yang membantu berdasarkan permintaan dari Polda Sumatera Utara, dan yang paling pokok setiap prajurit tidak dilengkapi dengan senjata, kopelriem maupun sangkur karena yang akan berunjuk rasa adalah saudara-saudara dan rekan-rekan kita sebangsa dan setanah air juga," terangnya.


Adapun peserta apel gelar pasukan diikuti oleh seluruh prajurit Mako Lantamal I, Polisi Militer Lantamal I, Satuan Kapal Patroli (Satrol) Lantamal I serta Batalyon Marinir Pertahanan Pangkalan (Yonmarhanlan) Belawan serta dihadiri oleh pejabat Utama Lantamal I, Danyonmarhanlan I serta Kepala Dinas dan Kasatker dijajaran Lantamal I. (Hen)

Berita Pilihan

berita POPULER+

TerPopuler