Waris Thalib Mengapresiasi Kinerja Wartawan Jadi Mitra Strategis,Mitra Kritik Pemkot Tanjungbalai -->

Waris Thalib Mengapresiasi Kinerja Wartawan Jadi Mitra Strategis,Mitra Kritik Pemkot Tanjungbalai

Kamis, 28 April 2022, Kamis, April 28, 2022


POSKOTASUMATERA-COM-TANJUNGBALAI

Pelaksana Tugas Plt Walikota Tanjungbalai menghadiri undangan buka puasa bersama yang digagas oleh pengurus Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kota Tanjungbalai, sekaligus bersilaturahmi dengan sejumlah insan pers yang ada di Kota Tanjungbalai. Acara digelar di Rumah Makan Holat, Jalan Sudirman Km 5, Tanjungbalai, Kamis (28/4/22).


Kegiatan yang mengangkat tema "Mendukung Tanjungbalai BERSIH, Jadikan Wartawan berkompetensi" turut dihadiri Kalapas Kelas II Pulau Simardan Muda Husni, Kakan Imigrasi Panogu Sitanggang dan mewakili Danlanal TBA, Kasatkom Lettu Laut (E) Yakub.


Waris Thalib  dalam sambutan mengatakan sangat mengapresiasi kinerja jurnalis di Kota kerang yang terus berkolaborasi menjadi mitra strategis bersama Pemkot Tanjungbalai.


"Kami tidak hanya membutuhkan pujian melainkan kritikan dari media pemberitaan agar kamu lebih baik lagi dalam menjalankan roda pemerintahan yang tentunya mewujudkan masyarakat Tanjungbalai yang sejahtera. Wartawan harus mengkritisi kebijakan- kebijakan kami, selaku pemerintah daerah setempat. Itu sangat kami butuhkan untuk kemajuan Kota Tanjungbalai.




Bagi kami tanpa adanya pers, tentu  tidak efektif penyampaian berbagai informasi mengenai pembangunan secara optimal kepada seluruh lapisan masyarakat, baik kegiatan maupun program yang dimiliki, serta ragam capaian yang berhasil diraih. 


Saya juga terus mendorong PWI Tanjungbalai untuk mengadakan kegiatan kegiatan positif, bermanfaat dan bermakna.


"Alhamdulillah hari ini saya bersyukur dapat bersilaturahmi dengan PWI Tanjungbalai dan insan pers yang selama ini telah banyak berkontribusi kepada Pemkot Tanjungbalai. Saya berharap organisasi PWI bisa mengedukasi dalam setiap informasi yang di berikan oleh insan pers di Tanjungbalai,".


Tidak hanya itu, Saya pun berharap PWI, awak media dan insan pers dapat mempromosikan Kota Tanjungbalai dalam gerakan menuju Kota Cerdas (Smart City) Tahun 2022, dan semua potensi yang ada.


Sementara, Plt Ketua PWI Tanjungbalai Saufi Simangunsong mengutarakan jalinan silahturahmi yang dibungkus dengan kegiatan ibadah buka puasa bersama tersebut menjadi sebuah sarana strategis, guna peningkatan kebersamaan dalam satu profesi.


"Ini merupakan bentuk kebersamaan silaturahmi kita, sebagai lembaga jurnalis, kepada wartawan non PWI, di bulan ramadhan 1443 H tahun ini. Jadi dalam gelaran buka bersama ini, kami mengajak kurang lebih 40 wartawan non PWI," kata Saufi dalam sambutan pengantarnya.


Saufi pun sangat berterima kasih atas waktu yang diluangkan Plt Wali Kota Waris yang menyempatkan hadir dalam kegiatan buka bersama di tengah kesibukannya.


"Tentu kami berharap dukungan pemerintah supaya organisasi profesi tertua yang diakui pemerintah ini, bisa berjalan dengan baik dan dapat memberikan manfaat bagi semua pihak," kata Saufi.


Saufi mengapresiasi perkembangan kota Tanjungbalai dibawah kepemimpinan Waris Tholib. Meski begitu, sebagai insan pers yang netral, Saufi menegaskan tetap mengawal kebijakan pemerintah agar sejalan dengan keinginan masyarakat.


"Mulai tampak perubahan yang drastis semenjak dipimpin oleh Plt Wali Kota Tanjungbalai Waris Tholib. Kami melihat akselerasi yang dilakukan beliau semakin cepat. Untuk itu kami dari PWI Tanjungbalai berharap pak Waris tetap menjadi pemimpin yang amanah, tegas dan solutif. Namun kami objektif kalau pak Waris bagus, kami yang paling terdepan support bapak. Tapi kalau ada salah ya tetap kami kritisi," ungkap Saufi lagi.


Dalam kesempatan itu hadir juga mantan Ketua PWI Kota Tanjungbalai Yan Aswika, yang mewakili PWI Provinsi Sumatera Utara, selaku pengurus PWI Sumut yang membidangi seksi hubungan antar daerah. 


Yan Aswika mengatakan bahwa PWI mempunyai program menyiapkan kader-kader wartawan berkompetensi menghadapi perkembangan zaman. Kota Tanjungbalai menurutnya, membutuhkan banyak wartawan kompeten.


"PWI adalah organisasi yang menyiapkan wartawan profesional. Programnya dari dulu hingga kini, umunya menyangkut peningkatan kompetensi wartawan. PWI tidak bisa berjalan sendiri dalam melaksanakan programnya tentunya dukungan dari pemerintah, jelas Yan Aswika.


Kalau bisa Pemerintah Kota Tanjungbalai segera melaksanakan Uji Kompetensi Wartawan (UKW). UKW bertujuan meningkatkan kompetensi wartawan, agar diakui profesinya secara legalitas oleh dewan pers, harapnya.

 sangat mengapresiasi kinerja jurnalis di Kota kerang yang terus berkolaborasi menjadi mitra strategis bersama Pemkot Tanjungbalai.

Hadir juga penceramah Ustaz Khairul Fahmi Simangunsong, Kadiskominfo Walman Riadi P Girsang, Dirut PDAM Yudhi Gobel, Kabag Protokol Darwansyah Merta Wijaya, Kabid IPH Muhammad Sukri, pengurus PWI, dan puluhan wartawan non PWI. (*)

Berita Pilihan

berita POPULER+

TerPopuler