Temui Mahasiswa, Pimpinan DPR Respon Tuntutan Massa -->

Temui Mahasiswa, Pimpinan DPR Respon Tuntutan Massa

Senin, 11 April 2022, Senin, April 11, 2022
INILAMPUNG.COM, Jakarta -  Pimpinan DPR RI Lodewijk F Paulus, Sufmi Dasco Ahmad, dan Racmat Gobel, bersama Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo menerima aspirasi ribuan pengunjuk rasa di depan Kompleks Parlemen, Gedung MPR/DPR/DPD, Jakarta, Senin (11/4/2022).

“Mahasiswa datang menyampaikan aspirasi, dan kami akan mengawal serta meneruskan aspirasi itu kepada pemerintah secepat-cepatnya,” kata Wakil Ketua DPR, Sufmi Dasco dari atas mobil komando.

Dasco menegaskan, kedatangan mahasiswa ke Gedung DPR sudah tepat untuk menyuarakan aspirasi mereka. Sementara itu, perwakilan aliansi Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Seluruh Indonesia membacakan sejumlah tuntutan di depan pimpinan DPR dan Kapolri itu.


“Kami menyerahkan simbol korek telinga yang besar kepada pimpinan DPR untuk diteruskan kepada pemerintah,” kata perwakilan BEM SI.
Empat tuntutan yang dibacakan yakni, mendesak dan menuntut wakil rakyat agar mendengarkan dan menyampaikan aspirasi rakyat bukan aspirasi partai. Mendesak dan menuntut wakil rakyat untuk menjemput aspirasi rakyat sebagaimana aksi massa yang telah dilakukan dari berbagai daerah dari tanggal 28 Maret 2022 sampai 11 April 2022.

Mendesak dan menuntut wakil rakyat untuk tidak mengkhianati konstitusi negara dengan melakukan amandemen, bersikap tegas menolak penundaan pemilu 2024 atau masa jabatan tiga periode. 

Mendesak dan menuntut wakil rakyat untuk menyampaikan kajian disertai 18 tuntutan mahasiswa kepada presiden yang sampai saat ini belum terjawab.

Terkait tuntutan itu, jelas Sufmi Dasco didampingi dua pimpinan DPR lainnya, menegaskan, aspirasi mahasiswa yang paling penting juga didengarkan DPR. 

Adapun aspirasi tersebut adalah soal penolakan penundaan pemilu dan perpanjangan masa jabatan presiden. "Paling penting permintaan kawan-kawan untuk DPR RI, MPR RI tidak melakukan penundaan pemilu dan perpanjangan masa jabatan presiden. DPR RI, MPR RI tidak akan ditekan. DPR RI kita bersikap untuk mendapatkan persiapan pemilu," tegasnya. 

Untuk itu, Dasco memastikan bahwa pemungutan suara Pemilu 2024 tidak akan ditunda. 

Ia juga mengatakan, penyelenggara pemilu juga memastikan akan mempercepat proses tahapan pemilu. "Akan kami proses tahapan pemilu sebagaimana semstinya. Besok KPU baru dilantik, itu akan mempercepat proses tahapan pemilu. Hidup mahasiswa," kata Dasco yang diikuti iringan tepuk tangan dari demonstran.(tim)

Berita Pilihan

berita POPULER+

TerPopuler