Simak! Cara PDAM Atasi Kelangkaan Air Bersih Di Beberapa Wilayah -->

Simak! Cara PDAM Atasi Kelangkaan Air Bersih Di Beberapa Wilayah

Sabtu, 30 April 2022, Sabtu, April 30, 2022

Bbs-news.id, Banjarmasin  -   Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Bandarmasih Kota Banjarmasin selalu berusaha menjaga dan meningkatkan pelayanan terhadap para pelanggan, salah satunya adalah dalam pendistribusian air bersih.

Pasalnya, meskipun pendistribusian air bersih PDAM Banjarmasin sudah hampir merata di Kota Banjarmasin, namun untuk di beberapa daerah tertentu, masih ada pendistribusiannya yang terbilang belum begitu lancar.

Supervisor Tunggakkan Pelanggan, Yuraida mengungkapkan, untuk daerah-daerah yang kerap pendistribusiannya kurang lancar adalah kecamatan Banjarmasin Barat dan Kecamatan Banjarmasin Utara.

“Pendistribusian yang kurang lancar itu disebabkan banyak pelanggan yang ada di dua daerah tersebut, sehingga penggunaan air bersih menjadi lebih banyak,” ungkap Yuraida.

Selain itu, kondisi pipa yang sudah tua,  juga menjadi penyebab ketidaklancaran dalam pendistribusian di kedua daerah tersebut.

“Karena kondisi pipa yang sudah tua, jadi tidak bisa menahan beban yang berlebihan, jadi apabila kita naikan tekanan atau jumlah air yang dialirkan, pasti akan bocor,” jelasnya.

Dia menjelaskan, karena pertumbuhan pemukiman yang cukup pesat, sehingga permintaan air bersih jadi lebih banyak.

“Anggap saja kalau dulu, pipa yang kita pasang itu kapasistasnya untuk 100 rumah. Seiring berjalannya waktu, rumahnya bertambah jadi seribu, jadi pipa yang sudah tua itu tidak bisa memenuhi sepenuhnya kebutuhan dari 1000 rumah tersebut,” sambungnya.

Oleh sebab itu, saat ini pihak PDAM Bandarmasih sedang melakukan pembenahan-pembenahan terhadap pipa-pipa tersebut, agar pendistribusian air bisa disalurkan kepada pelanggan.

“Tapi untuk pembenahan tersebut, tidak bisa dilakukan dalam waktu singkat. Selain membutuhkan waktu, juga membutuhkan biaya yang cukup besar. Jadi  kami lakukan secara bertahaplah,” tutur Yuraida.

Untuk mensiasati kejadian tersebut, pihak PDAM Bandarmasih, melakukan pendistribusian air bersih dengan menggunakan mobil Tanki air bersih.

“Jadi setiap harinya ada beberapa mobil tanki yang kita kerahkan untuk mendistribusikan air bersih ke daerah-daerah yang cukup sulit pendistribusian airnya,” beber Yuraida.

Selain itu juga, PDAM Bandarmasih juga menyediakan tandon air, untuk penampungan air bersih di beberapa daerah tersebut, agar pelanggan tidak kesulitan mencari air bersih. (juns/Andra) 

Berita Pilihan

berita POPULER+

TerPopuler