Satupena Bangka Belitung Dikukuhkan, Rita Orbaningrum Jadi Ketua -->

Satupena Bangka Belitung Dikukuhkan, Rita Orbaningrum Jadi Ketua

Sabtu, 16 April 2022, Sabtu, April 16, 2022

INILAMPUNG.COM, Bangka Belitung -- Pengurus Satupena Bangka Belitung (Babel) periode 2022-2027 dikukuhkan, Sabtu (16/04/2022)

Pengukuhkan yang berlangsung di Graha Aparatur Pemkan Bangka Barat itu dilaksakan Anwar Putra Bayu, koordinator Satupena Pulau Sumatera mewakili Ketua Umum Satupena Indonesia, Denny JA.

Pengukuhan dihadiri oleh Asisten II Bidang Ekonomi Heru Warsito, MAP, Kepala Kantor Bahasa Provinsi Babel M. Irsan Asraf, Budayawan Babel Amri Rani, dan sejumlah penulis Bangka Belitung.

Bupati Bangka Barat yang diwakili Asisten II Heru Warsito mengatakan, sangat mendukung penuh kepada pengurus Satupena Babel dalam melaksanakan program kerja.

"Pemkab Bangka Barat  berharap agar Satupena bisa bersinergi dengan berbagai pihak, terutama dengan pemkab untuk mewujudkan kerja-kerja literasi," kata Heru Warsito.

Sementara itu, dalam kata pengantar pengukuhan Anwar Putra Bayu mengungkapkan bahwa Babel setidaknya sudah banyak memunculkan banyak penulis nonfiksi. Salah satunya adalah Hamidah seorang pengarang cerita yang memulai menggunakan subjek "aku" dalam ceritanya, dan itu untuk pertama kali dalam novel atau sastra Indonesia pada era Balai Pustaka. 

Hamidah, lanjut Anwar Putra Bayu, adalah kelahiran Muntok yang turut mewarnai perjalanan sastra Indonesia. 

"Kiranya perlu sosok Hamidah dijadikan simbol atau ikon di Kabupaten Bangka Barat dalam membangun dunia literasi," imbau Anwar Putra Bayu. 

Di sisi lain, Ketua Umum Satupena Indonesia, Denny JA  dalam sambutannya menyatakan bahwa para pengurus Satupena provinsi diberikan mandat khusus untuk ikut membangun The City of Literature di wilayah masing-masing.

Dia mendapatkan inspirasi soal The City of Literature dari Unesco, PBB. Istilah itu untuk kota yang kaya dengan sumber daya literasinya.

Denny berharap, Indonesia perlu versinya sendiri soal The City of Literature. Pengurus Satupena yang baru saja dilantik diminta ikut mengembangkan wilayahnya menjadi kota literasi.

Peresmian pengurus Babel ini adalah yang ketiga dikukuhkan di 10 Provinsi Sumatera, setelah Satupena Sumatra Barat, dan Sumatera Selatan. Adapun yang menjadi Ketua Umum Satupena Babel adalah Rita Orbaningrum.(bdy/inilampung)

Berita Pilihan

berita POPULER+

TerPopuler