Ratu Sakinatul Aqila, Peserta Lolos SNMPTN di Unair Berusia 14 Tahun -->

Ratu Sakinatul Aqila, Peserta Lolos SNMPTN di Unair Berusia 14 Tahun

Jumat, 08 April 2022, Jumat, April 08, 2022
Potret calon mahasiswa termuda Unair, Ratu Sakinatul Aqila (Foto: Dok. Pribadi)

Surabaya - Hasil Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) telah diumumkan pada Selasa (29/3). Salah satu peserta yang diterima di Universitas Airlangga (Unair) melalui jalur ini masih berusia 14 tahun.

Dia adalah Ratu Sakinatul Aqila. Karena usianya yang masih muda, dia juga dinobatkan sebagai calon mahasiswa termuda di kampus ini. Dia ternyata mengikuti program akselerasi.

"Saya memang ikut program akselerasi (percepatan) karena bisa lulus lebih cepat. Jadi TK masuk di usia 3 tahun, SD masuk usia 5 tahun. SMP usia 11 tahun dan usia 13 tahun sudah SMA. Saya pilih akselerasi karena setelah lulus bisa eksplorasi hal baru yang lebih banyak dari pada teman-temanku," kata Ratu saat dihubungi detikJatim, Selasa (5/4/2022).

Sebagai siswa akselerasi, Ratu memiliki ambisi besar untuk nilai akademik. Setiap hari, dia selalu menghabiskan waktu mempelajari setengah hingga satu bab baru. Bahkan, Ratu kerap begadang hingga tengah malam untuk belajar.

"Kalau liat tugas yang bejibun dan terus selesai, rasanya kayak abis menang lotre. Kalau tugasnya banyak banget, aku pasti bikin self reward (penghargaan untuk diri sendiri) setelah ngerjainnya," ujar alumnus MTS Amanatul Ummah Surabaya dan SMA NU 1 Gresik itu.

Tidak hanya asal lulus cepat, Ratu ternyata juga tekun belajar. Itu terbukti saat dirinya dinyatakan lulus SNMPTN untuk program studi S1 Ilmu Politik di Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP).

Setelah lulus kuliah, Ratu berencana mendaftar Akademi Kepolisian (Akpol) Karena dirinya bercita-cita menjadi polisi. Namun, harus cukup usia saat mendaftar. Sedangkan dirinya masih berusia 14 tahun.

"Karena menurutku kalau masuk Akpol, pertama bisa mengabdi ke negara, kedua masa depan sudah terjamin dan keluarga terangkat derajatnya," kata dia.

Ratu berpesan kepada para pejuang UTBK SBMPTN untuk terus yakin dalam berproses. Selain itu, dia juga mengingatkan untuk terus berjuang dan berdoa.

"Buat teman-teman yang daftar SBMPTN semangat ya, yakinlah pada proses. Usaha tidak akan mengkhianati hasil," tutup dia.

Dikutip dari detikjatim.com

Berita Pilihan

berita POPULER+

TerPopuler