Polres Tegal Terjunkan 564 Personil Amankan Lebaran Idhul Fitri -->

Polres Tegal Terjunkan 564 Personil Amankan Lebaran Idhul Fitri

Sabtu, 23 April 2022, Sabtu, April 23, 2022

TEGAL – Polres Tegal terjunkan 564 personil selama Operasi Ketupat Candi untuk mengamankan Lebaran Idhul Fitri 2022. Selain itu, juga akan disiapkan 11 pos baik pelayanan maupun pengaman perayaan lebaran yang tersebar di wilayah Kabupaten Tegal.

Usai apel gelar pasukan Operasi Ketupat Candi di Lapangan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tegal, Jumat (22/4/2022), Kapolres Tegal, AKBP Arie Prasetya Syafa’at melalui Kasi Humas Polres Tegal, Ipda Untung mengatakan, pembangunan beberapa pos di antaranya di jalur Tol, Pantura, perkotaan Slawi dan jalur perbatasan.

“Untuk pos, masih kami upayakan. Targetnya dalam beberapa hari ini pos sudah siap dan segera ditempati oleh personel yang berjaga,” katanya.

Selain itu Pos pengaman jalur mudik, Polres Tegal juga tengah menyiapkan pos pengamanan obyek wisata. Hal itu dilakukan untuk memberikan rasa nyaman dan amat untuk masyarakat mengisi liburan.

“Kami harap masyarakat tetap mentaati dan melaksanakan protokol kesehatan saat mudik, maupun bersilaturahmi dengan keluarga,” pesannya.

Sementara itu, Bupati Tegal, Umi Azizah memimpin ape gelar pasukan Operasi Ketupat Candi di Lapangan Pemkab Tegal yang diikuti seluruh stake holder baik TNI-Polri dan pemerintah dan seluruh elemen pendukung dalam rangka kesiapsiagaan personel Pengamanan Idul Fitri. Selain itu, juga dilakukan pengecekan sarana kendaraan pendukung pengamanan perayaan Idul Fitri mendatang.

Saat membacakan amanat Kapolri, Bupati Tegal, Umi Azizah mengatakan, kegiatan apel gelar pasukan secara serentak diselenggarakan di jajaran seluruh Polri yang merupakan wujud sinergi dengan instansi terkait menjamin masyarakat aman dan sehat dalam perayaan Idul Fitri 1443 H tahun 2022.

“Ini berbeda dengan Idul Fitri tahun lalu. Pemerintah telah menetapkan libur nasional hari raya Idul Fitri pada tanggal 2 dan 3 Mei 2022 dan juga menetapkan cuti bersama Idul Fitri pada tanggal 29 April dan tanggal 4 sampai dengan 6 Mei 2022,” ucapnya.

Dengan demikian, lanjut Umi, kebijakan pemerintah tidak melarang masyarakat untuk mudik telah ditanggapi dengan euforia. Hal ini terbukti oleh badan Litbang Kemenhub RI yang memprediksi sekitar 8,5 juta masyarakat akan melaksanakan mudik selama lebaran.

Oleh karenanya, perlu dukungan dari beberapa pihak yang di antaranya seperti Polri, TNI dan Pemerintah serta kepentingan lainnya untuk menyelenggarakan Operasi Ketupat 2022 yang dilaksanakan selama 12 hari yang dimulai dari 28 April 2022 hingga 9 Mei 2022 mendatang.
“Operasi tersebut melibatkan 144.392 personil pengamanan gabungan yang terdiri dari unsur TNI-Polri dan Pemerintah serta instansi lainnya yang akan ditempatkan pada 1710 Pos pengamanan dan 734 Pos Pelayanan serta 258 Pos Terpadu,” kata Kapolres Tegal, AKBP Arie Prasetya Syafa’at.

Selain itu, pada dua minggu sebelum pelaksanaan operasi yaitu pada tanggal 14 hingga 27 April 2022, Polri juga telah melaksanakan Kegiatan Rutin Yang Ditingkatkan (KRYD). Hal ini untuk cipta kondisi jelang operasi ketupat dengan sasaran distribusi sembako, seluruh penyakit masyarakat, petasan, balon udara yang mengganggu penerbangan dan lain-lain, khusus di wilayah Polda se-Jawa dan Bali.

Oleh karenanya, pelaksanaan Operasi Ketupat 2022 harus dilaksanakan secara optimal yang diharapkan perjalanan mudik dan balik berjalan dengan lancar dan semestinya serta aman dan sehat.

“Kejahatan dan ganggungan Kamtibmas sekecil apapun harus kita cegah dan antisipasi. Jika operasi ini berhasil, masyarakat dapat melaksanakan ibadah dengan aman, sehat dan baik,” pungkasnya. (*)

Sumber PP

Berita Pilihan

berita POPULER+

TerPopuler