Polres Pasuruan Gelar Apel Pasukan Operasi Ketupat 2022 Bersama Firkopimda -->

Polres Pasuruan Gelar Apel Pasukan Operasi Ketupat 2022 Bersama Firkopimda

Jumat, 22 April 2022, Jumat, April 22, 2022

foto: apel gelar pasukan Polres Pasuruan

Jawapes PASURUAN,- Untuk meningkatkan sinergi soliditas Polri dengan instansi terkait guna memberikan rasa aman dan nyaman pada saat perayaan hari raya Idul Fitri 1443 H/2022, Polres Pasuruan menggelar Apel Gelar Pasukan Operasi Ketupat 2022 di Halaman Polres Pasuruan, Jum'at (22/04/2022).

Hadir dalam giat apel tersebut, Wakil Bupati Pasuruan KH. A.Mujib Imron, S.H., M.H., Kapolres Pasuruan AKBP Erick Frendriz, S.I.K., M.Si., Wakapolres Pasuruan beserta seluruh PJU Polres Pasuruan, Forkopimda Kab.Pasuruan, Tamu undangan instansi terkait, personil dari masing-masing fungsi Polres Pasuruan, peleton TNI, Satpol PP, Dinkes, Senkom, dan Banser.

Wakil Bupati Pasuruan KH. A.Mujib Imron, S.H., M.H., selaku inspektur upacara yang memimpin Apel Gelar Pasukan Operasi Ketupat dalam kesempatan tersebut menyampaikan amanat dari Kapolri Jenderal Polisi, Drs. Listyo Sigit Prabowo, M.Si., disampaikan bahwa pelaksanaan gelar operasi ini dilakukan sebagai pengecekan akhir terkait dengan pengamanan dalam perayaan Idul Fitri 1443 Hijriah.


Berikut amanat yang disampaikan oleh Wakil Bupati Pasuruan:
- Melakukan himbauan dan mengawasi kedisiplinan masyarakat agar taat terhadap protokol kesehatan 3M.
- Mendorong pengelola tempat wisata untuk memastikan aplikasi Peduli Lindungi terpasang dan harus benar-benar digunakan. jika terdapat pengunjung yang belum divaksin langsung diarahkan ke gerai-gerai vaksin terdekat. Jika terdapat pengunjung yang masuk kategori hitam, siapkan ruang isolasi sementara sebelum mendapatkan penanganan lebih lanjut.
- Melaksanakan penjagaan dan pengamanan terhadap pelaksanaan ibadah Idul Fitri di masjid-masjid maupun di lapangan.
- Mengawasi terpenuhinya persyaratan perjalanan mudik pada berbagai moda transportasi agar masyarakat pengguna moda transportasi terlindung dari bahaya penularan Covid-19.
- Melakukan testing, tracing, dan treatment terhadap kasus yang terkonfirmasi Covid-19 bersama Satgas Covid-19, TNI dan Pemerintah daerah untuk makukan isolasi mandiri, isolasi terpusat, atau perawatan di rumah sakit rujukan sesuai dengan standar yang ada.
- Melaksanakan random check swab antigen kepada para pelaku perjalanan dan siapkan pelayanan vaksinasi serta isolasi sementara di Pos-pos pelayanan.
- Melakukan percepatan program vaksinasi terutama pada Kab/Kota yang belum mencapai target.
- Melakukan manajemen rekayasa lalu lintas, mulai dari contraflow, buka tutup gate tol, one way, ganjil-genap pada jalan tol maupun ruas jalan tertentu saat arus mudik/balik maupun jalan-jalan menuju tempat wisata dan sosialisasi melalui media secara masif sehingga masyarakat dapat mengatur rencana perjalanannya.

Selanjutnya disampaikan Wakil Bupati Pasuruan bahwa saat ini pemerintah terus menekan angka penyebaran Covid-19 dengan kebijakan kedisiplinan Protokol Kesehatan, dan Vaksinasi Booster bagi masyarakat. Untuk melakukan upaya ini perlu adanya saling bekerjasama dari semua instansi terkait dan komponen masyarakat.

Operasi Ketupat dilaksanakan selama 12 hari dimulai dari tanggal 28 April hingga 9 Mei 2022 dengan mengedepankan pencegahan dan deteksi dini serta penegakan hukum untuk pengamanan Idul Fitri dengan tetap menerapkan Protokol Kesehatan, jelas Wakil Bupati Pasuruan.

Sementara itu Kapolres Pasuruan AKBP Erick Frendriz, S.I.K., M.Si., dalam kesempatan yang sama mengatakan akan menjalankan amanah dari Kapolri sebaik mungkin dengan menjaga keamanan dan ketertiban di wilayah Kabupaten Pasuruan serta pengamanan semaksimal mungkin dalam meningkatkan kewaspadaan sebagai upaya antisipasi.

Kapolres juga menambahkan untuk wilayah KabupatenPasuruan, Polres Pasuruan sudah menempatkan beberapa titik pos untuk pengamanan dan pelayanan di perbatasan-perbatasan antara Kabupaten Pasuruan dengan Kabupaten luar, tujuannya untuk menjaga kelancaran dan kamtibmas keluar masuknya masyarakat yang akan melaksanakan mudik hari raya idul fitri.

155 personil Polres Pasuruan yang akan bergabung dengan dinas terkait seperti TNI, Dishub, Satpol PP, Dinkes, Senkom, dan Banser yang akan bertugas mengamankan wilayah Kabuoaten Pasuruan. Siapkan mental dan fisik semaksimal mungkin dengan komitmen moral dan disiplin kerja tinggi. Tingkatkan kewaspadaan dan kesiapsiagaan dalam pengamanan dan antisipasi kriminalitas, pungkas Kapolres.(Djie)

Berita Pilihan

berita POPULER+

TerPopuler