Pesta Paskah Gereja St Gregorius Agung Jambi Dibungkus Pesta Budaya Batak -->

Pesta Paskah Gereja St Gregorius Agung Jambi Dibungkus Pesta Budaya Batak

Minggu, 17 April 2022, Minggu, April 17, 2022
Ribuan umat hadir Perarakan Romo ke Pesta Sukacita Paskah: Romo Leo Adiwidyiangga, Romo Suryadi, Frater Juvent, bersama team DPP dan Panitia pada Pesta Paskah, Minggu (17/4/2022). (Jambipos/Istimewa)

Jambipos, Jambi-Ibadah Pesta Paskah di Gereja Katolik St Gregorius Agung Jambi di Jalan Lingkar Barat, Kenali besar, Kotabaru, Kota Jambi berjalan sukses, Minggu (17/4/2022). Pesta Paskah 2022 ini dibungkus Pesta Sukacita Budaya Adat Batak "Manortor" sebagai wujud penggalangan dana pembangunan Gereja St.Gregorius Agung Jambi.

Panitia Koordinator Penggalangan Dana Gereja Katolik St Gregorius Agung Jambi, I Robinson Sigalingging,SPd kepada Jambipos mengatakan, acara pesta dilakukan setelah Misa Ekaristi di Gereja dilanjutkan dengan Pesta Sukacita Paskah di aula belakang gereja. 

“Acaranya meliputi pesta, makan bersama, lelang makanan dan manortor membawa Satti dari setiap wilayah, mulai dari wilayah 1 hingga 9 Jemaat Gereja Katolik St Gregorius Agung Jambi. Juga membawa Satti dari Komunitas Kategorial Gereja Katolik St Gregorius Agung Jambi,” kata Ignatius Robinson Sigalingging, S.Pd, putra kelahiran Ronggurnihuta, Samosir, 4 Juli 1973 ini.

Pada Pesta Paskah sekaligus Pesta Budaya Batak ini dihadiri ribuan umat. Juga Perarakan Romo ke Pesta Sukacita Paskah yakni Romo Leo Adiwidyiangga, Romo Suryadi, Frater Juvent, bersama team DPP dan Panitia.

Kata Robinson Sigalingging, yang juga menjabat sebagai Ketua Wilayah PPRS (Marga MPU Bada, Sigalingging, Garingging) Provinsi Jambi ini, seni budaya batak sangat kental pada acara tersebut. Penari-penari dari Naposo (Muda mudi) Batak juga tampil memukau. 

Lagu-Lagu Batak saat acara “manortor” juga menghibir para jemaat dan menyumbang untuk kelanjutan pembangunan Gereja Katolik St Gregorius Agung Jambi.  

“Dana yang terkumpul pada Pesta Paskah 17 April 2022 lalu, Satti setiap Wilayah, Kategorial, lelang makanan, sumbangan spontan tortor bersama terkumpul sebesar Rp 183 Juta. Saya selaku Koordinator Dana Pembangunan mengucapkan terimakasih kepada seluruh yang telah berpastisipasi dan mensukseskan Pesta Paskah tersebut,” tambah I Robinson Sigalingging, yang kini menjabat juga sebagai Ketua PAC PBB Sekernan, Muarojambi. 

Suksesnya Pesta Paskah Gereja Katolik St Gregorius Agung Jambi 2022, tidak terlepas dari kekompakan seluruh panitia. Terlebih keterlibatan tambah I Robinson Sigalingging sebagai coordinator dana.

Satu Kelas Dengan Gubernur Jambi Al Haris 

Melihat sekilas sosok I Robinson Sigalingging, yang juga aktif dalam pelayanan, meski dirinya disibukkan dalam organisasi perkumpulan Marga di Kota Jambi. Juga aktif dalam Perkumpulan Organisasi Pemuda Batak Bersatu (PBB).

I Robinson Sigalingging, juga aktif di organisasi Parsadaan Pomparan Toga Sinaga (PPTSB) Jambi sebagai wakil Bendahara wilayah. Pasalnya I Robinson Sigalingging istrinya Boru Sinaga. 

Meski sibuk dalam organisasi dan pekerjaan sebagai pengusaha perkebunan kela sawit, I Robinson Sigalingging tidak lupa juga mengurus dan  melayani di gereja.

I Robinson Sigalingging SPd merupakan Putra Batak ini mengeyam pendidikan Sekolah Dasar (SD) dan SMP di Ronggurnihuta Samosir. Kemudian melanjutkan pendidikan di SMA Merangin Bangko, dan satu kelas dengan Al Haris (Gubernur Jambi) di  SMA YPLP PGRI Bangko, Merangin.

Setelah tamat dari SMA YPLP PGRI Bangko, Merangin, I Robinson Sigalingging melanjutkan kuliah di Universitas jambi (UNJA) Tahun 1992 dan Lulus dari Universitas Jmabi Tahun 1997.

Meski menyandang gelar Sarjana Pendidikan (Spd) I Robinson Sigalingging sekarang berkecimbung dan  aktif sebagai Ketua Kelompok Tani “Ro Ganda Jaya” di Desa Awin Jaya, Sekernan, Muarojambi.

Dia menggeluti usaha sehari-hari bidang UMKM alias Pengusaha Muda bidang (Seedling, Plantation dan Agriculter) Palm Oil. Robinson Sigalingging juga senang bekerjasama dengan masyarakat setempat sebagai ujung tombak untuk mitra organisasi dan mitra pemerintah untuk “Jambi Mantap”. 

“Tahun ini bersamaan Bulan Suci Ramadhan 1443 H dan Pesta Paskah 2022. Perpaduan bersamaan, berdekatan waktu Ibadah Puasa bagi Umat Muslim dan Paskah bagi Umat Kristiani. Hal ini sebagai Pemersatu Se Bangsa NKRI,” pungkas I Robinson Sigalingging. (JP-Asenk Lee Saragih)

Ribuan umat hadir Perarakan Romo ke Pesta Sukacita Paskah: Romo Leo Adiwidyiangga, Romo Suryadi, Frater Juvent, bersama team DPP dan Panitia pada Pesta Paskah, Minggu (17/4/2022). (Jambipos/Istimewa)

Team Panitia Inti Paskah dan Penari, pada Pesta Paskah, Minggu (17/4/2022). (Jambipos/Istimewa).

Dari kiri: Isa Maranata, SE (Ketua DPP Harian), Ketua Panitia Paskah: Tatag Harisianto, Koordinator Penggalangan Dana: Robinson Sigalingging,S.Pd bersama Tim Penari. (Jambipos/Istimewa)

OMK (Orang Muda Katolik) sebagai penari dan  penyambut Tamu Tortor, dan Koordinator Penggalangan Dana: Robinson Sigalingging,S.Pd pada Pesta Paskah, Minggu (17/4/2022). (Jambipos/Istimewa).

Team DPP, ROMO, Panitia Inti dan team penari Gereja St Gregorius Agung Jambi pada pada Pesta Paskah, Minggu (17/4/2022). (Jambipos/Istimewa).






Berita Pilihan

berita POPULER+

TerPopuler