Perbedaan SPBU Pertamina Warna Merah, Biru dan Hijau -->

Perbedaan SPBU Pertamina Warna Merah, Biru dan Hijau

Kamis, 07 April 2022, Kamis, April 07, 2022
Plang SPBU milik Pertamina kini ada SPBU warna biru, SPBU warna Merah dan SPBU warna hijau. (Otomania.com)

Pengguna kendaraan bermotor yang mengisi bahan bakar minyak atau BMM tentu terbiasa melihat plang di Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum atau SPBU Pertamina. Yakni ada warna merah, kemudian biru dan yang terbaru adalah hijau.      

Iya selama ini masyarakat terutama yang biasa mengisi BBM di SPBU milik Pertamina hanya mengenal SPBU warna merah dengan tulisan Pasti Pas dan SPBU warna biru dengan tulisan Pasti Prima.

Dikutip dari Pertaminaretail.com, Gridoto.com dan Otomania.com, selain kedua warna tersebut ternyata yang terbaru, PT Pertamina meluncurkan SPBU warna hijau biasa disebut Green Energy Station (GES). Lantas apa perbedaan warna dari SPBU tersebut.

SPBU warna merah lebih dulu dikenalkan pada 2006 dikenal dengan semboyan Pasti Pas dan memiliki totem atau papan warna merah. Demikian juga bagian bagunannya berwarna merah, termasuk petugas pengisian mengenakan seragam warna merah.

Bahan bakar minyak yang dijual di SPBU Pertamina warna merah juga cukup lengkap, mulai dari Premium, Pertalite, Pertamax, Solar, dan Pertamina Dex. Jumlah SPBU ini juga cukup banyak sehingga mudah dijumpai.

Pada SBPU warna merah fasilitas yang disediakan selain pengisian BBM biasanya dilengkapi dengan toilet, musala, pengisian angin, dan minimarket untuk pengunjung.
Selain SPBU warna merah, pada 2015 PT Pertamina juga meluncurkan SPBU warna biru dengan tambahan tulisan Pasti Prima. Memiliki petugas pengisian yang mengenakan seragam warna merah dengan kombinasi abu-abu.

Kemudian ciri utama yang tampak secara fisik adalah bangunan SPBU warna biru yang tentu memiliki papan berwarna biru dan bangunan didominasi warna biru. Jumlahnya belum sebanyak SPBU warna merah.
Berbeda dengan SPBU warna merah, pada SPBU Pertamina warna biru fasilitas untuk konsumen cukup lengkap. Selain fasilitas yang ada di SPBU warna merah, terdapat tambahan seperti kafe, ATM, bengkel, tenant makanan, penjualan pelumas dan LPG, nitrogen, hingga restoran cepat saji.

Nah yang terbaru PT Pertamina meluncurkan SPBU dengan papan warna hijau. SPBU warna hijau ini mengusung konsep ramah lingkungan yang disebut dengan Green Energy Station. Jadi jelas perbedaannya dengan SPBU warna merah dan SPBU warna biru.

Manager Corporate Secretary & Legal PT Pertamina Retail Achmad Wahyudi mengatakan, GES ini diluncurkan oleh PT Pertamina (Persero) melalui Sub Holding Commercial & Trading atau Pertamina Patra Niaga. Sudah ada sebanyak 76 SPBU GES yang diluncurkan oleh Pertamina Patra Niaga.

Perbedaan yang menyolok di SPBU Pertamina warna hijau adalah tidak menjual premium dan solar. Namun di SPBU warna hijau menyediakan stasiun pengisian kendaraan listrik imum (SPKLU) atau charging station dan stasiun penukaran baterai kendaraan listrik umum (SPBKLU).

Dikutip dari Solopos.com

Berita Pilihan

berita POPULER+

TerPopuler