Penemu Robot Pertama di Dunia, Ilmuan Islam Ismail Al-Jazari -->

Penemu Robot Pertama di Dunia, Ilmuan Islam Ismail Al-Jazari

Sabtu, 23 April 2022, Sabtu, April 23, 2022

    Ismail Al-Jazari merupakan ilmuwan muslim yang dikenal sebagai penemu robot pertama di dunia. Foto/dok

JAKARTA - Ismail Al Jazari merupakan ilmuwan muslim yang dikenal sebagai penemu robot pertama di dunia. Al-Jazari membangun sebuah benda yang dianggap sebagai salah satu automata dan robot pertama di dunia. 

Robot merupakan salah satu penemuan terbaik yang ada di dunia. Namun, pernahkah terpikirkan mengenai siapa penemu pertama robot di dunia? 

Sebagian orang mungkin akan menjawabnya bahwa penemuan canggih tersebut datang dari negara-negara barat. Padahal, faktanya adalah penemu pertama Robot ini adalah seorang Polymath muslim bernama Ismail Al-Jazari. 

Dilansir situs Robot Shop, Ismail Al-Jazari ini merupakan seorang polymath kelahiran tahun 1136. Dia lahir di Cizre (Turki) pada masa keemasan Islam. Al Jazari adalah seorang sarjana, penemu, insinyur mekanik, seniman, dan matematikawan.

Dia pernah menjabat sebagai kepala Insinyur di Istana Artuklu. Al-Jazari dikenal dengan pernah menulis sebuah buku berjudul ‘The Book of Knowledge of Ingenious Mechanical Devices. 

Buku yang terbit pada tahun 1206 tersebut berisi sekitar berbagai penemuan yang dibuatnya lengkap dengan instruksi untuk membangunnya. 

Dari poros engkol, mekanisme escapement, roda gigi segmental, hingga pompa hisap aksi ganda dengan katup dan gerakan piston reciprocating, banyak penemuannya yang menampilkan mekanisme revolusioner.

Dengan salah satu skema yang dibuat, Al-Jazari membangun sebuah benda yang dianggap sebagai salah satu automatas dan robot pertama di dunia.

Menurut Mark E.Rosheim, dampak yang diberikan Al-Jazari terhadap dunia robotika sangatlah vital dan menganggap orang-orang Arab menunjukan minat dalam menciptakan mesin seperti manusia untuk sebuah tujuan praktis. 

Salah satu penemuan robotnya yang paling rumit adalah robot band musik. Robot ini berbentuk perahu yang mengapung dan menghibur orang dengan 4 musisinya. 

Penemuan ini juga menjadi salah satu penemuan automata pertama yang bisa diprogram. Pemiliknya bisa menentukan ritme dan pola drum menggunakan stiknya.

Dikutip dari Iowa State University Library, Al-Jazari tak hanya dikenal sebagai ‘bapak robotik’. Dengan sekitar 50 penemuan mekanisnya, dia juga kerap disebut sebagai ‘Bapak Teknik Modern’. 

Beberapa penemuan yang disebutkan di bukunya antara lain mekanisme poros engkol, batang penghubung, robot humanoid, mesin piston reciprocating, pompa hisap, roda gigi segmental, hingga sebuah jam mekanis pertama yang digerakan oleh air dan berat.

Dikutip dari SINDONEWS.com

Berita Pilihan

berita POPULER+

TerPopuler