Pelaksanaan Ibadah Kamis Putih dan Jumat Agung di Jambi Berlangsung Kondunsif -->

Pelaksanaan Ibadah Kamis Putih dan Jumat Agung di Jambi Berlangsung Kondunsif

Jumat, 15 April 2022, Jumat, April 15, 2022
Personil kepolisian saat melakukan pengamanan ibadah Jumat Agung di Gereja Kristen Protestan Simalungun (GKPS) Jambi, Jalan Kapten Sujono Komplek Gereja Kotabaru, Kota Jambi, Jumat (15/4/2022). (Jambipos) 

Jambipos, Jambi
-Pelaksanaan “Kamis Putih” menyambut ibadah perayaan hari wafatnya Yesus Kristus atau Jumat Agung di Kota Jambi cukup kondusif. Perayaan ibadah Kamis Putih, Kamis (14/4/2022) malam berjalan aman dan tertib. Kemudian pelaksanaan ibadah Jumat Agung, Jumat (15/4/2022) juga berjalan kondunsif.

Meski situasi kondunsif, pengamanan ibadah ibadah Kamis Putih, Jumat Agung di seluruh gereja di Kota Jambi (27 greja) dilakukan secara ketat. Seluruh gereja di Kota Jambi disterilisasi sebelum ibadah Kamis Putih dan Jumat Agung, Jumat pagi (15/4/2022) mengantisipasi kemungkinan adanya aksi teror. 

Pantauan wartawan galasibot.co di Kota Jambi, Tim gegana (Penjinak Bom) Brimob Polda Jambi melakukan sterilisasi di setiap gereja di komplek gereja Kotabaru Kota Jambi, sejak Kamis (14/4/2022) pagi dan dilanjutkan pada Jumat pagi (15/2022) mulai pukul 05.30 WIB. Petugas memeriksa setiap sudut halaman dan ruangn gereja menggunakan alat deteksi bahan peledak (detonator). 

Pemeriksaan di Gereja Huria Kristen Batak Protestan (HKBP) Kotabaru Jambi di Jalan Kapten Sujono Komplek Gereja Kotabaru Kota Jambi dilakukan Kamis pagi dan Jumat pagi sekitar pukul 06.00 WIB oleh  petugas Tim Gegana Polda Jambi secara seksama. Pemeriksaan dilakukan di berbagai sudut halaman hingga ke dalam gereja. 

Pemeriksaan yang sama juga dilakukan di Gereja Kristen Protestan Simalungun (GKPS), Huria Kristen Indonesia (HKI), Gereja Bethel Indonesia (GBI), Gereja Batak Karo Potestan (GBKP) dan berbagai gereja lainnya. 
Pengamanan bersama TNI di Gereja Katolik ST. Gregorius Agung Jambi Jalan Lingkar Barat Kota Jambi. 

Sementara itu, Kapolda Jambi, Irjen Pol A Rachmad Wibowo melalui Kabid Humas Polda Jambi, Komisaris Besar Polisi (Kombes Pol)  Mulia Prianto di Jambi, Kamis (14/4/2022) menjelaskan, jajaran Polda Jambi mengerahkan 3.066 orang petugas mengamankan Tri Suci Paskah di Jambi mulai, Kamis Putih, Jumat Agung dan Paskah, Minggu. 

Pasukan pengamanan Tri Suci Paskah tersebut berasal dari jajaran Polda Jambi sekitar 1.458 orang dan gabungan TNI dan petugas instansi lainnya sekitar 1.608 orang. Kemudian setiap gereja juga mengerahkan wargajnya membantu pengamanan gereja masing-masing. 

"Sebagian petugas pengamanan Paskah disiagakan langsung di setiap gereja dan sebagian lagi melakukan patroli. Sedangkam sterilisasi dilakukan di seluruh gereja mulai pagi hari,”katanya.

Dijelaskan, jumlah gereja di sembilan kabupaten dan dua kota di Provinsi Jambi yang mendapatkan pengamanan selama peringatan Tri Suci Paskah mencapai 453 gereja. 

Sementara itu, Pendeta GKPS Resort Jambi, Pdt FD Malau, STH pada ibadah siang peringatan Jumat Agung di GKPS Jambi, Jumat (15/4/2022) mengatakan, umat Kristen hendaknya menjadikan peringatan Kamis Putih, Jumat Agung dan Paskah (Kebangkitan Yesus dari kematian) sebagai momentum meningkatkan semangat kebersamaan di tengah gereja dan masyarakat. 

Umat Kristen diharapkan tidak mementingkan diri sendiri atau bersikap egois menjalani kehidupan persekutian di tengah gereja, keluarga maupun masyarakat. 

“Tuhan Yesus Kristus telah menderita, mengorbankan nyawa di kayu salib untuk keselamatan manusia dari jerat dosa. Dia tidak ada mementingkan diri sendiri, tetapi mengutamakan umat manusia berdosa agar selamat. Karena itu umat Kristen juga hendaknya semakin memiliki jiwa pengorbanan, kebersamaan dan kekeluargaan, khususnya menghadapi berbagai persoalan kehidupan ini,”katanya.

Ibadah Jumat Agung, Jumat (15/4/2022)  di GKPS Jambi dilaksanakan dalam tiga kali ibadah. Ibadah pagi Pukul 08.00 Kotbah oleh Pdt R Saragih, S.Si (Pendeta GKPS Resort Jambi). Ibadah Pukul 10.30 WIB Kotbah oleh Pdt FD Malau, S.Th dan Ibadah Pukul 16.30 WIB Kotbah Pdt FD Malau, S.Th. Pada seluruh ibadah tersebut dilanjukan dengan Sakramen Perjamuan Kudus.

Sementara personil Polsek Kotabaru, melakukan pengamanan bersama TNI di Gereja Katolik ST. Gregorius Agung Jambi Jalan Lingkar Barat Kota Jambi untuk memberi rasa aman kepada Umat Kristiani saat melakukan Ibadah Tri Suci (Kamis Putih, Jumat Agung, Perayaan Paskah).

Kapolsek Kotabaru Jambi Kompol Dhadhag Anindito mengatakan untuk kegiatan ibadah di gereja Katolik ST. Gregorius Agung Jambi yang terletak di Jalan Lingkar Barat, ada dua sesi pada hari Kamis ini yaitu pada pukul 16.00 WIB dan pukul 19.00 WIB dan Jumat Agung.

“Untuk perayaan paskah sendiri di wilayah hukum Polsek Kotabaru, ada 20 gereja yang berada di kecamatan Kotabaru dan ada 16 gereja yang berada di Kecamatan Alam Barajo dan kami sudah monitor semua untuk kegiatan ibadahnya mulai hari Kamis, Jumat, Sabtu dan Minggu dan di tiap gereja tersebut sudah diposting beberapa personil,” kata Kompol Dhadhag Anindito.

Kompol Dhadhag Anindito juga menghimbau kepada umat kristiani agar melakukan perayaan Paskah dengan Khidmat, karena Polri dan TNI serta Ormas telah melaksanakan pengamanan disetiap gereja.

“Silahkan umat Kristiani melaksanakan kegiatan dengan khidmat karena kami dari TNI – Polri serta dari pemerintah sendiri sudah melaksanakan kegiatan pengamanan di gereja masing-masing dan untuk warga yang untuk mendukung dalam acara kegiatan perayaan ibadah paskah,” tutup Kapolsek Kotabaru Jambi Kompol Dhadhag Anindito. (JP-Asenk Lee Saragih)









Berita Pilihan

berita POPULER+

TerPopuler