Nenemo, Senam Kreasi Baru di Tulangbawang Barat -->

Nenemo, Senam Kreasi Baru di Tulangbawang Barat

Senin, 11 April 2022, Senin, April 11, 2022
PULUNG KENCANA (11/4/2022) - Selintas, senamnya seperti senam lain yang digalakkan Pemerintah lewat Pemkab, PKK, Kecamatan dan tingkat desa. Namun gerakannya sedikit berbeda, karena menyesuaikan dengan adat istiadat Tulangbawang Barat.

Bupati Tulangbawang Barat menamakan senam ini Nenemo, singkatan dari nemen, nedes, dan nerimo. Ia meminta ketiga hal tersebut dipadukan dalam senam kebugaran tersebut dalam setiap gerakan dan gaya.

Senam Nenemo diperkenalkan pada saat Kabupaten Tulangbawang berulang tahun ketiga belas. Momemtumnya berlangsung di areal parkir Pasar Modern Pulung Kencana, Kecamatan Tulangbawang Tengah.

Berlangsung dari pukul 06.30 pagi hingga 10.00 pada Jumat, 1 April, 2022, seluruh unsur Pemerintah Kabupaten Tulangbawang Barat menghadiri perkenalan senam nenemo tersebut. Tampak hadir Bupati Umar Ahmad, Wakil Bupati Fauzi Hasan, Kapolres AKBP Sunhut P. Silalahi, sejumlah kepala OPD, Pabung, Danramil, camat dan kepalo tiyuh.

Karena baru, senam nenemo masih dipelajari oleh seluruh peserta. Ada yang merasa sudah bisa, tetapi gerakannya salah. Ada juga yang mengikuti instruktur, tetapi gerakannya belum serupa. Yang tampak ahli baru peserta dari Perwosi.

Bupati Tulangbawang Barat, lewat isterinya, mempercayakan pembuatan senam nenemo kepada Perwosi dan perkumpulan senam sekitar, karena gerakannya harus berdasarkan nemen, nedes, dan nerimo. Selain kelincahan, terdapat gerakan gemulai dan melikuk.

Agar bisa dipahami, anggota Perwosi dan perkumpulan senam menempatkan sebagian anggota di panggung, sebagian lagi di lapangan parkir agar gerakannya cepat dilihat oleh peserta.

Mansyur Yusoef, kepala Dispora Tulangbawang Barat,  mengatakan senam nenemo kreasi khas ciptaan Perwosi yang diminta oleh Bupati menjadi olahraga khas kabupaten tersebut untuk masa mendatang.

Dinas Pemuda dan Olahraga mempercayakan Perwosi mensosialisasikan senam nenemo tidak hanya di lingkungan Pemerintah Kabupaten, tetapi juga ke kecamatan, sekolah, dan tiyuh-tiyuh, yang dilakukan secara bertahap.

Kepala Dispora itu mengatakan, selain memperkenalkan nenemo, pihaknya menyelenggarakan berbagai kegiatan olahraga pada HUT ke-13 kabupaten tersebut, seperti susur sungai dan pencak silat khas di sana.

Pengenalan senam nenemo dilaksanakan di area parkir Pasar Modern Pulung Kencana sekaligus memperkenalkan pusat pasar tersebut kepada publik, baik warga Tulangbawang Barat atau daerah yang lain.

ALIYUDIN

Berita Pilihan

berita POPULER+

TerPopuler