Negara-negara Tanpa Malam, Matahari Terus Bersinar -->

Negara-negara Tanpa Malam, Matahari Terus Bersinar

Sabtu, 09 April 2022, Sabtu, April 09, 2022
Kita mengenal waktu siang dan malam yang dipengaruhi terbit dan terbenamnya Matahari. Tiap negara berbeda durasi waktu siang dan malamnya berdasarkan posisinya di Bumi. Tahukah kamu bahwa ada negara dimana Matahari tidak pernah terbenam. Betul sekali, di negara-negara tersebut, Matahari tidak pernah terbenam.

Kenapa Matahari tidak terbenam?

Sesuai yang kita ketahui bahwa Bumi berbentuk bulat dan memiliki kemiringan aksis 23 derajat pada porosnya. Hal inilah yang membuat sebagian wilayah di Bumi tidak memiliki malam. Bahkan, di kutub utara dan kutub selatan Bumi hanya mengalami Matahari terbit dan terbenam sekali dalam setahun.

Kutub utara akan mengalami Matahari terbit pada 22 Maret dan Matahari terbit pada 21 September setiap tahunnya. Sebaliknya, kutub selatan akan mengalami Matahari terbit pada 21 September dan Matahari terbenam 22 Maret
Negara tanpa malam

Berikut ini adalah daftar negara dimana Matahari tidak pernah terbenam.

1. Norwegia

Norwegia adalah tempat yang paling terkenal jika Anda ingin merasakan hari tanpa malam. Di sini, Matahari nampak mendekati garis laut seperti mencelupkan diri kemudian terbit lagi. Pada bulan Mei sampai Juli ketika sedang musim panas, Matahari tidak terbenam sama sekali selama 76 hari.

Matahari di sini tidak pernah benar-benar tenggelam seperti yang biasa kita lihat di negara lain. Selain musim panas, Norwegia mengalami siang hingga 20 jam.
Bahkan negara ini menjadi tujuan wisata yang menawarkan wisata tengah malamnya. Beberapa wisata tengah malam yang ditawarkan seperti bermain golf, bersepeda, bermain kayak, hingga menyaksikan ikan paus.

2. Islandia

Hampir mirip dengan Norwegia, Islandia juga mengalami malam yang sangat panjang. Negara ini juga menawarkan berbagai jenis wisata yang dilakukan tengah malam dengan sensasi seperti siang hari karena Matahari terus bersinar.

3. Kanada

Kanada bagian utara mengalami hari tanpa malam hingga dua bulan lamanya. Nama daerahnya adalah Nunavut dan Inuvik. Hari-hari tanpa malam ini dimanfaatkan untuk pergi memancing dan menyelenggarakan berbagai festival.
Pada musim dingin, daerah ini mengalami hal yang sebaliknya yaitu malam tanpa siang. Malam terpanjang yang dialami daerah ini berlangsung sampai 30 hari.

4. Swedia

Sebenarnya, Swedia mengalami matahari terbenam, namun dalam waktu yang sangat sebentar saja. Matahari di Swedia terbenam pada tengah malam kemudian terbit lagi pada pukul 4 pagi.

5. Alaska

Mirip dengan Kanada, Alaska mengalami siang dan malam yang sangat panjang. Pada bulan Mei sampai Juli, Matahari tidak terbenam sama sekali selama lebih dari 30 hari. Sebaliknya, di waktu musim dingin, negara ini akan terus menerus mengalami malam.

Itu dia negara-negara tanpa malam. Apa kamu berminat mengunjunginya dan merasakan sensasi Matahari bersinar sepanjang hari?

Dikutip dari KOMPAS.com

Berita Pilihan

berita POPULER+

TerPopuler