Jelang Lebaran Asperda Himbau Pengusaha Rental Lakukan Rencana Bisnis Yang Baik -->

Jelang Lebaran Asperda Himbau Pengusaha Rental Lakukan Rencana Bisnis Yang Baik

Senin, 11 April 2022, Senin, April 11, 2022

Liputan Indonesia || Surabaya, -  Seiring kebijakan pemerintah yang memperbolehkan mudik tahun ini, maka permintaan jasa rental kendaraan di musim lebaran akan meningkat. 

Hal ini ditandai dengan pergerakan order yang mengalami peningkatan di berbagai daerah di Indonesia. 

Demikian disampaikan Didik Prasetyo, SE, MM., Ketua Umum (Ketum) Organisasi Pengusaha Rental Mobil Daerah (ASPERDA) Indonesia.
Pihaknya menerima laporan terjadinya tren peningkatan order di berbagai daerah. Jenis kendaraan yang banyak diminati terutama jenis MPV (multi purpose vehicle) atau mobil keluarga. 

“Setelah dibukanya kebijakan mudik tahun ini, kami meyakini akan terjadi lonjakan permintaan rental kendaraan antara 50-60 % di tahun ini,” ujar Didik.

Namun demikian Didik menghimbau untuk pengusaha rental kendaraan melakukan perencanaan bisnis (bussines plan) yang baik dalam rangka menghadapi lonjakan order periode lebaran. Diantaranya dengan melakukan hal - hal sebagai berikut :

Mengatur pola harga (pricing) yang tepat, menyangkut skema harga tertentu di periode puncak liburan. Disarankan kenaikan harganya jangan terlalu rendah dan juga jangan terlalu tinggi. Kenaikan harga tersebut dianggap wajar karena pengusaha juga harus mengeluarkan tunjangan hari raya (THR) untuk para karyawannya. 

Lakukan perawatan dan cek kondisi kendaraan sebelum masa sewa, untuk kenyamanan dan menghindari complain
kerusakan unit pada masa sewa. Ini akan merepotkan pengusaha rental sendiri

Persiapkan pengaturan SDM pengemudi untuk melayani pengantaran dan penjemputan pemudik ke berbagai tujuan di Indonesia. 

Untuk yang sewa lepas kunci, lakukan analisa dan seleksi calon konsumen dengan baik dan benar. Jangan sampai karena euphoria order yang tinggi, terjadi masalah penggelapan kendaraan di kemudian hari. Cari konsumen yang aman-aman saja.

Dalam hal pembayaran disarankan menerapkan skema pembayaran dimuka untuk menghindari gagal bayar dari penyewa.

Selain himbauan untuk para pengusaha rental kendaraan, ASPERDA juga menghimbau kepada para konsumen atau calon penyewa untuk selektif memilih operator atau jasa penyedia rental dengan memperhatikan sebagai berikut :

Pilihlah operator atau penyedia jasa rental kendaraan yang berbadan hukum, memiliki domisili atau kantor yang jelas. Tersedianya pengemudi (driver) yang professional apabila anda membutuhkan layanan pengantaran atau penjemputan dengan layanan pengemudi Memastikan kendaraan yang disewa memiliki asuransi all risk

Memiliki jumlah kendaraan yang cukup, lebih banyak lebih baik sehingga bisa memilih jenis kendaraan yang dibutuhkan. Minimal memiliki 5 (lima) unit kendaraan untuk membuktikan bahwa usaha rental tersebut sudah berjalan bisnisnya.

Memiliki jaringan rental di berbagai daerah terutama daerah yang dituju untuk mengantisipasi apabila dibutuhkan emergency assistance atau unit pengganti apabila ada kerusakan. pungkasnya.


Penulis : Tjan08


Berita Pilihan

berita POPULER+

TerPopuler