Gubernur Jambi Al Haris Ingatkan Kepada OPD Jangan Alergi Wartawan -->

Gubernur Jambi Al Haris Ingatkan Kepada OPD Jangan Alergi Wartawan

Senin, 11 April 2022, Senin, April 11, 2022
Gubernur Jambi H Al Haris saat menghadiri Rapat Koordinasi Infokom dan Komunikasi Publik Provinsi Jambi Tahun 2022 di Aston Hotel, Senin (11/4/2022). (Foto: Jambipos/Asenk Lee Saragih)

Jambipos, Jambi
-Gubernur Jambi H Al Haris mengingatkan kepala organisasi perangkat daerah (OPD) lingkup Pemerintah Provinsi Jambi untuk tidak alergi menghadapi wartawan. Dia menekankan bahwa wartawan itu adalah mitra sejati pemerintah dan harus dirangkul dalam bentuk kerjasama yang berkesinambungan.
 
Peryataan itu disampaikan Gubernur Jambi H Al Haris pada Rapat Koordinasi Infokom dan Komunikasi Publik Provinsi Jambi Tahun 2022 di Aston Hotel, Senin (11/4/2022). Rakor ini dihadiri sekitar 200 jurnalis Provinsi Jambi. Pertemuan ini juga dihadiri Kepala Dinas Kominfo Provinsi Jambi Ir  Nurachmat Herlambang MMA Herlambang, Kabid Pengelolaan Komunikasi Publik Pada Dinas Komunikasi Dan Informatika Provinsi Jambi, Sabri Yanto SH MH dan Sekretaris PWI Provinsi Jambi Hery FR.

Pada rakor ini, muncul pendapat keluhan para wartawan begitu sulitnya untuk menemui kepala OPD untuk mengkonfirmasi berita. Bahkan ada kepala OPD yang memasang “pagar betis” berupa penjagaan kantor yang ketat oleh satuan pengamanan, sehingga untuk menjumpai kepala OPD ytersbut sangat sulit.

Selain itu, kepala OPD juga sangat sulit memberikan data terkait dengan kebijakan Pemerintah Provinsi Jambi soal program pembangunan. Seperti di Dinas Pendidikan Provinsi Jambi, Dinas PUPR Provinsi Jambi.

Menanggapi keluhan wartawan itu, Gubernur Jambi H Al Haris menjelaskan, ada hal-hal kebijakan yang bukan ranah kepala OPD tidak boleh disampaikan. Kebijakan ini harus disampaikan kepala daerah. 

“Saya pernah melarang kepala OPD memberikan penjelasan kepada wartawan yang bukan kewenangannya. Mungkin karena larangan saya itu, kepala OPD enggan memberikan penjelasan kepada wartawan. Padahal kebijakan-kebijakan Gubernur Jambi yang bersifat teknis harus disampaikan oleh kepala OPD. Jadi saya meminta kepala OPD agar tidak alergi kepada wartawan,” kata Al Haris.

Guna menyakinkan komunikasi dengan para wartawan, Gubernur Jambi Al Haris memberikan nomor khusus bagi wartawan untuk menghubungi dirinya lewat ajudannya jika butuh konfirmasi berita.

“Saya siapkan nomor WA khusus bagi wartawan agar mudah menghubungi saya selama 24 jam. Nanti nomor ini akan dipegang  oleh ajudan saya dan aktif selama 24 jam. Baik ada wartawan minta video caal saya akan sempatkan jika ada waktu, minimal ajudan saya menerimanya dan memberikan informasi soal posisi saya,” terang Al Haris. 

Hal ini disambut gembira oleh wartawan dan berharap ada kemudahan untuk menghubungi Gubernur Jambi jika wartawan ingin mengkonfirmasi berita. (JP-Asenk Lee Saragih) 






Berita Pilihan

berita POPULER+

TerPopuler