Dibantu Warga Polsek Kotaagung Ringkus Jambret Di Talagening -->

Dibantu Warga Polsek Kotaagung Ringkus Jambret Di Talagening

Selasa, 12 April 2022, Selasa, April 12, 2022

Caption : Tersangka jambret yang ditangkap warga di Jalan Raya Pekon Talagening merupakan warga Pekon Belu, Kecamatan Kotaagung Barat berinisial RH (26) merupakan seorang pria pengangguran. (Polsek)


Tanggamus --- Polsek Kotaagung Polres Tanggamus ungkap tersangka jambret yang ditangkap warga di Jalan Raya Pekon Talagening merupakan warga Pekon Belu, Kecamatan Kotaagung Barat berinisial RH (26) merupakan seorang pria pengangguran. 

Atas penangkapan tersangka, terungkap modus operandi ia melakukan kejahatannya dengan cara menumpang sepeda motor rekannya dan menjambret handphone Oppo A15 milik korbannya FS (12) warga Pekon Kota Batu, Kotaagung. 

Tersangka menjambret korban saat korban melintas di Jalan Raya Pekon Negeri Ratu, sehingga korban dibantu warga melakukan pengejaran dan beruntung motor tersangka kehabisan bensin. 

Kapolsek Kotaagung, AKP Sugeng, mengatakan tersangka berhasil ditangkap atas bantuan warga yang memergoki kejahatan tersangka yang saat itu motor tersangka kehabisan bensin. 

"Tersangka berhasil diamankan atas bantuan warga saat motor tersangka kehabisan bensin di Jalan Raya Pekon Tala Gening, Kota Agung Barat kemarin Minggu (10/4/22) pukul 16.00 WIB," kata AKP Sugeng, Senin, 11 April 2022, malam.

Ia menjelaskan, penangkapan tersangka berdasarkan laporan tanggal 10 April 2022 dengan korban bernisial FS pelajar 12 tahun warga Pekon Kota Batu, Kotaagung. Adapun kronologis kejadian, saat korban melintasi Jalan Raya Negeri Ratu, Kota Agung Pusat dipepet oleh tersangka bersama rekannya, tersangka mengambil handphone yang diletakan korban pada dashboard motor. 

Selanjutnya, korban dibantu warga lain melakukan pengejaran hingga motor tersangka mogok karena kehabisan bensin sehingga tersangka berhasil diamankan warga. 

 "Tersangka berhasil diamankan, namun rekannya yang merupakan anak dibawah umur melarikan diri dari TKP," jelasnya. Fakta-fakta lain juga terungkap bahwa tersangka sebelumnya juga melakukan dua kali kejahatan dengan menodong pelajar di Jalan Raya Way Gelang bahkan ia melukai korban menggunakan pisau pada bagian kuping. 

Dalam kejadian itu, tersangka RH bahkan menusuk korban pada bagian perut, beruntung mengenai sabuk pelajar tersebut. Aksi kejahatan lainnya, yakni melakukan penodongan dan pengancaman kepada sopir truck yang merupakan keluarga TNI-AD di Jembatan Way Awi, beruntung korban di tolong warga Pekon Banjar Masin, Kota Agung Barat. 

Mirisnya, tersangka yang tidak memiliki sepeda motor selalu memanfaatkan anak-anak dibawah umur saat melakukan kejahatan tersebut.

"Informasi yang kita dapat dari tersangka dia selalu menumpang kepada rekannya yang masih anak-anak. Namun masih kita dalami apakah benar menumpang ataukah bekerjasama dengan rekannya tersebut," bebernya. 

Sambungnya, dalam pengungkapan tersebut, pihaknya berhasil mengamankan 1 unit handphone Oppo A15, senjata tajam jenis pisau dan tiga unit motor yakni Yamaha Aerox BE 6548 VE, Honda Beat BE 2161 ZT dan Honda Scoopy BE 6728 UI. 

"Handphone Oppo milik korban, senjata tajam milik tersangka dan motor yang dipergunakan saat aksi kejahatan milik rekan-rekan tersangka," ujarnya.

Barang bukti kejahatan jambret yang diamankan oleh Polsek Kotaagung.

Saat ini tersangka berikut barang bukti telah diamankan di Polsek Kota Agung guna proses penyidikan lebih lanjut. "Atas perbuatannya, tersangka dijerat pasal 365 KUHPidana, ancaman maksimal 9 tahun penjara," tegasnya. 

Tersangka sedang di diambil keterangannya (BAP) oleh pihak kepolisian.

Berita Pilihan

berita POPULER+

TerPopuler