Cara Beralih Siaran Dari Analog ke TV Digital -->

Cara Beralih Siaran Dari Analog ke TV Digital

Senin, 18 April 2022, Senin, April 18, 2022

https://www.pexels.com/id-id/pencarian/TV/

BERITA- ONE.COM-Saat ini sudah banyak orang yang mencoba cara beralih ke TV digital, karena TV digital memiliki sejumlah keunggulan dibandingkan TV analog. Salah satu keuntungan penggunaan TV digital yaitu ketika ada bencana TV digital melalui STB atau set top box dapat mengetahui informasi kebencanaan lewat layar untuk memberikan informasi secara langsung dan jelas.

Bukan hanya itu, TV digital juga membuat Anda bebas melihat siaran yang ditawarkan oleh lembaga siaran TV swasta atau publik seperti TVRI. Adapun keunggulan lainnya siaran digital ini tidak perlu membayar iuran bulanan.

Bahkan tidak memerlukan data, pulsa atau internet untuk mengakses siaran digital melainkan hanya menggunakan alat STB. Ada baiknya untuk Anda ketahui dulu keunggulan dari TV ini dan juga cara beralih ke siaran TV digital.

Tinggalkan Analog, Inilah Langkah Beralih ke Siaran TV Digital     

Jika Anda tertarik untuk mendapatkan jangkauan siaran TV digital, Anda harus tahu langkah-langkah untuk beralih dari TV analog ke siaran TV digital. Secara umum terdapat lima langkah untuk mendapatkan siaran dari TV digital. Apa saja langkah-langkahnya?

Anda perlu mempunyai antena UHF, jangkauan siaran yang baik, memasang set top box atau STB TV digital, memindai siaran serta mengatur TV box. Untuk lebih tahu lebih jelasnya berikut langkah-langkah beralih ke siaran TV digital.

1. Mendapatkan Jangkauan Siaran TV Digital yang baik

Langkah pertama yang wajib dan penting diperhatikan saat ingin beralih ke TV digital yaitu pastikan Anda punya penerima siaran TV digital. Dengan begitu, Anda tetap bisa menonton berbagai siaran dari berbagai channel.

Tentang informasi seputar siaran TV digital juga bisa Anda akses melalui website Kementerian Komunikasi dan Informatika. Begitu juga dengan wilayah tertentu yang akan diberhentikan siaran televisi analognya.

2. Menggunakan Antena UHF

Berikutnya, cara beralih ke TV digital adalah pastikan Anda punya antena UHF untuk bisa menangkap siaran dengan optimal. Antena UHF atau Ultra High Frequency merupakan jenis antena yang terstruktur untuk mengambil sinyal dari saluran. Setelah itu dikirim ke gelombang frekuensi ultra tinggi.

Manfaat menggunakan sinyal UHF yaitu dinilai jauh lebih murah dibandingkan dengan sinyal lainnya seperti VHF. Selain itu, antena ini juga dirancang menggunakan teknologi HD atau definisi tinggi untuk meningkatkan serta menstabilkan perangkat dalam menerima cahaya dan tahan terhadap sinyal siaran.

3. Menggunakan Set Top Box atau STB TV

Hal yang dibutuhkan untuk bisa mengakses siaran TV digital selanjutnya yaitu harus menggunakan set top box atau STB. Set top box sendiri merupakan alat untuk menangkap sinyal siaran dan alat ini memiliki beberapa jenis seperti DVB C, DVB T2, DVB IPTV, DVB S.

Set top box sendiri biasa disebut dengan receiver TV digital atau decoder yang cara kerjanya yaitu mengolah input yang ditangkap dari antena UHF siaran digital dan dikeluarkan berbentuk visual atau gambar serta suara ke TV analog. Anda hanya perlu memasangkan set top box TV digital untuk menikmati siaran TV digital.

4. Memindai Siaran dan Mengatur TV Box

Masih berhubungan dengan set top box di mana Anda juga harus mengetahui cara mencari saluran TV digital, memindai siaran serta mengatur TV box. Untuk menemukan saluran TV digital format Anda bisa menggunakan kotak converter atau set top box.

Berbagai TV yang baru diproduksi biasanya sudah memiliki decoder televisi digital. Jadi, tidak perlu mencari decoder tambahan lagi. Tapi, jika Anda masih menggunakan TV analog atau TV lama dan membutuhkan alat STB ini.

Anda perlu memahami penggunaan alat yang dibeli lalu mengetahui penyimpanan stasiun yang aktif. Namun biasanya Anda bisa menemukan tombol menu atau set up di remote control perangkat Anda. Anda hanya perlu menekan tombol tombol tersebut untuk mengatur saluran televisi.

Setelah pemindahan saluran selesai, Anda bisa menggunakan tombol saluran atas atau bawah guna memenuhi saluran yang ada pada memori. Anda bisa melakukan pemindaian saluran sesering mungkin untuk mengetahui  apakah ada saluran tambah atau saluran yang berubah.

Jadi, apakah Anda sudah beralih? Mengingat pentingnya hal ini demi memenuhi kebutuhan masyarakat, pemerintah sudah mengaturnya dalam Undang-undang. Peralihan siaran TV analog ke TV digital termuat di UU No. 11 Tahun 2020 tentang Cipta Kerja.

Jika Anda tertarik ingin menggunakan TV digital dan membeli Set Top Box, Anda bisa membelinya dengan mudah, murah dan praktis di Blibli. Blibli merupakan marketplace terbesar buatan Indonesia yang sudah ada sejak tahun 2011 dan dipercaya masyarakat untuk memenuhi kebutuhan belanja.

Bahkan kini Blibli berhasil dipercaya oleh ratusan ribu hingga jutaan masyarakat Indonesia untuk berbelanja. Belanja online di Blibli lebih hemat biaya ongkos kirim, tenaga dan waktu. Dengan demikian, bagi Anda yang sibuk, Anda tetap bisa berbelanja untuk memenuhi kebutuhan dari mana saja melalui smartphone dan aplikasi Blibli.

Anda tidak perlu khawatir berbelanja di Blibli sama akan membeli memberikan produk original, berkualitas dan tahan lama serta dengan harga terjangkau. Ada banyak promo dan diskon dari Blibli yang bisa Anda nikmati.

Itulah beberapa langkah mengenai cara beralih ke TV digital yang bisa Anda coba lakukan. Jadi Apakah Anda tertarik untuk beralih ke TV digital? Jangan lupa untuk memenuhi kebutuhan Anda lainnya dengan belanja di Blibli!


Berita Pilihan

berita POPULER+

TerPopuler