Ban Meletus, Truk Pupuk Terbalik di Jalintim Lampung Timur -->

Ban Meletus, Truk Pupuk Terbalik di Jalintim Lampung Timur

Senin, 18 April 2022, Senin, April 18, 2022
PURBOLINGGO (16/04/2022) – Sebuah truk Colt Diesel pengangkut pupuk kotoran ayam terbalik di Jalan Lintas Timur Sumatera, Desa Tanjung Kesuma, Kecamatan Purbolinggo, Lampung Timur, Senin siang 18 April 2022 pukul 12.30 WIB. Kecelakaan tidak bisa dihindari karena ban kiri depan meletus.

Truk Colt Diesel dengan nomor polisi E 8096 PG dengan pengemudi Purwanto mengangkut pupuk kotoran ayam dari Serang, Banten, menuju Teluk Dalam, Lampung Tengah. Kendaraan melaju sendirian dengan kondisi lalu-lintas agak lengang. 

Sampai ruas Desa Tanjung Kesuma, ban kiri depan tiba-tiba meletus. Hentakan keras mengakibatkan sopir kehilangan kendali. Truk seketika oleng ke kiri dan terjerembab ke rawa. Kondisi medan miring dan sarat muatan membuat truk terbalik.

Sopir Purwanto mengaku kaget atas meletusnya ban kiri depan dalam perjalanan menuju Teluk Dalam, Lampung Tengah. Ia tidak sempat bereaksi karena roda langsung membuang ke kiri. Kemudi tiak mungkin ditahan mengingat beratnya beban muatan. Kecelakaan mengakibatkan kerugian material dan belum diketahui nilainya.

Sopir angkutan lainnya, Sutrisno, mengatakan truk pupuk sebenarnya berkonvoi sejak keluar dari Pelabuhan Bakauheni. Angkutan ini melaju sendirian sampai Desa Tanjung Kesuma karena truk lain berhenti makan di Jepara. Begitu tersusul kembali, Colt Diesel kepala kuning sudah terbalik.

Kecelakaan truk pupuk cepat mengundang kedatangan warga karena bunyi letusan ban cukup keras. Warga berhamburan menuju lokasi guna membantu evakuasi dengan cara ditarik oleh dua truk. Sementara muatan pupuk kotoran ayam dipindahkan ke angkutan lain.

MUHAMMAD FARID

Berita Pilihan

berita POPULER+

TerPopuler